Saragih, Grace Merilintasya and M. Arief Nazarrudin, S.Sn.,M.Ds (2024) Perancangan Desain Prototype Ui/Ux “Needs Me?” Sebagai Akses Digital Layanan Kesehatan Mental Pada Remaja Dewasa Muda Berbasis Mobile App. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Desain prototype UI/UX aplikasi “needs me” adalah platform berbasis mobile app yang dirancang untuk layanan kesehatan mental pada remaja dewasa muda guna membantu memberikan informasi yang solutif dan efektif. Setelah melakukan penelitian, banyak yang belum memperhatikan pentingnya kesehatan mental karena masih dianggap hal asing untuk dibahas dan dibicarakan. Banyak dari penderita gangguan kesehatan mental merasakan kesepian yang berlebih karena kurang komunikasi dan sosialisasi yang mengakibatkan kesehatan semakin menurun baik mental maupun fisik. Berdasarkan hal tersebut memungkinkan untuk pengguna membutuhkan pemanfaatan tegnologi seperti aplikasi mobile. Perancangan desain prototype UI/UX aplikasi “need me” menggunakan metode design thingking dengan lima Langkah yaitu, emphatize demi pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan kuisioner, define guna menganalisa data, ideate untuk mengambil konsep dari data yang didapat, prototype yaitu perancangan desain dengan solusi lalu testing kepada pengguna. Testing desain prototype dilakukan dengan system usability scale dan feedback capture grid. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi pengguna remaja dewasa muda dalam Kesehatan mental guna memberikan informasi dan solusi yang tepat.
English Abstract
The UI/UX design prototype of the “Needs Me” application is a mobile app platform designed to provide mental health services for young adults to help offer informative and effective solutions. Research shows that many still overlook the importance of mental health as it is considered an unfamiliar topic for discussion. Many sufferers of mental health issues experience excessive loneliness due to a lack of communication and socialization, leading to deteriorating mental and physical health. Based on this, users may benefit from utilizing technology such as a mobile application. The design prototype of the “Needs Me” application uses the design thinking method with five steps: empathize, which involves data collection through interviews and questionnaires; define, which analyzes the data; ideate, which develops concepts from the collected data; prototype, which designs solutions; and testing, which evaluates the prototype with users. The prototype design testing uses the System Usability Scale and the Feedback Capture Grid. The study’s results benefit young adult users in mental health by providing accurate information and solutions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | UI/UX, Kesehatan Mental, Design Thingking, System Usability Testing, Feedback Capture Grid-UI/UX, Mental Health, Design Thinking, System Usability Testing, Feedback Capture Grid |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:13 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225255 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Grace Merilintasya Saragih.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |