Hardyanto, Frisky Fajar and Auliya Az Zahra,, S.AB., M.M (2024) Analisis Kesadaran Audience Pada Akun Tiktok Bpjs Ketenagakerjaan (Studi Pada Peserta Cabang Kediri). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di era Industri 4.0, internet dan media sosial memainkan peran penting dalam transformasi komunikasi dan pemasaran. Pengguna internet di Indonesia meningkat menjadi 215 juta pada tahun 2023, menunjukkan penetrasi yang luas. TikTok, dengan jutaan pengguna aktif, digunakan oleh perusahaan dan lembaga pemerintah, termasuk BPJS Ketenagakerjaan, sebagai platform utama untuk promosi produk dan layanan. Penelitian menunjukkan bahwa media sosial seperti TikTok memiliki dampak signifikan terhadap persepsi dan perilaku konsumen. Akun TikTok BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya berfungsi sebagai sarana promosi tetapi juga untuk membangun koneksi emosional dengan masyarakat, membimbing mereka dari kesadaran hingga pembentukan sikap positif terhadap layanan mereka. Strategi ini memperkuat posisi BPJS Ketenagakerjaan dalam kompetisi pasar dan meningkatkan dampak sosial mereka di era digital. Namun, analisis menunjukkan bahwa kesadaran audiens terhadap akun TikTok BPJS Ketenagakerjaan masih rendah meskipun kontennya informatif. Banyak komentar negatif mencerminkan ketidakpuasan terhadap produk dan layanan serta kurangnya interaksi dengan pengguna aktif TikTok. Diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan interaksi dan respons guna memperbaiki persepsi dan kepuasan audiens.
English Abstract
In the era of Industry 4.0, the internet and social media are pivotal in transforming communication and marketing. Indonesia's internet users surged to 215 million in 2023, showcasing broad penetration. TikTok, with millions of active users, is used by companies and government institutions, including BPJS Ketenagakerjaan, as a primary platform for promoting products and services. Research indicates that social media like TikTok significantly impact consumer perceptions and behaviors. BPJS Ketenagakerjaan's TikTok account not only promotes but also builds emotional connections with the public, guiding them from awareness to forming positive attitudes towards their services. This strategy enhances BPJS Ketenagakerjaan's market position and social impact in the digital era. However, analysis shows audience awareness of their TikTok account remains low despite informative content. Many negative comments reflect dissatisfaction with BPJS Ketenagakerjaan’s products and services, and a lack of interaction with active TikTok users. Increased interaction and responsiveness are needed to improve audience perception and satisfaction
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | BPJS Ketenagakerjaan, industri 4.0, TikTok, teori hierarki efek, dan media social.-BPJS Ketenagakerjaan, Industry 4.0, TikTok, hierarchy of effects theory, social media. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:35 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225191 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Frisky Fajar Hardyanto.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |