Dianingworo, Ghia Varianta and Sausan Putri Pratiwi, S.Ikom., MEI (2024) Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Produk Kosmetik (Studi Kasus Pada Akun @rumahkosmetik.malang). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyaknya pengguna Instagram menjadikan peluang besar para pebisnis untuk mengenalkan dan memasarkan produk. Instagram saat ini menjadi media sosial yang paling diminati oleh banyak orang. Media sosial Instagram telat terbukti menjadi alat yang sangat efisien dan efektif dalam memasarkan produk, termasuk produk kosmetik. Melalui Instagram, perusahaan kosmetik dapat menggunakan foto produk, video tutorial penggunaan produk serta berinteraksi langsung dengan konsumen. Salah satu toko kosmetik yang menggunakan Instagram sebagai media promosinya adalah Rumah Kosmetik Malang. Rumah Kosmetik Malang merupakan toko yang menjual berbagai ragam kosmetik seperti Makeover, Cosrx, Facetology, Wardah, Emina, Skintific, Maybelline, Npure, YOU, Azarine, Something dan brand ternama lainnya yang dapat dijadikan pilihan bagi konsumen. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas akun Instagram rumah kosmetik malang. Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Dalam hal ini penulis menganalisis dengan menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Hasil pengamatan dari Januari – Mei 2024 menujukkan bahwa elemen interest tidak terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, diperlukannya penyajian konten dan caption yang informatif agar dapat menjangkau lebih banyak audiens.
English Abstract
The large number of Instagram users makes it a great opportunity for business people to introduce and market products. Instagram is currently the most popular social media for many people. Instagram social media has recently proven to be a very efficient and effective tool in marketing products, including cosmetic products. Through Instagram, cosmetic companies can use product photos, video tutorials on product use and interact directly with consumers. One cosmetic shop that uses Instagram as a promotional medium is Rumah Cosmetik Malang. Rumah Cosmetik Malang is a shop that sells various kinds of cosmetics such as Makeover, Cosrx, Facetology, Wardah, Emina, Skintific, Maybelline, Npure, YOU, Azarine, Something and other well-known brands that can be used as choices for consumers. This final assignment aims to analyze the activities of the Malang cosmetic house Instagram account. Writing this final assignment uses a qualitative descriptive method with observation and interview data collection techniques. In this case the author analyzes using the AIDA model (Attention, Interest, Desire, Action). Observation results from January – May 2024 show that the interest element was not implemented well. Therefore, it is necessary to present informative content and captions in order to reach a larger audience.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Media Sosial, Produk Kosmetik, AIDA-Instagram, Social Media, Cosmetic Products, AIDA |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:34 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225178 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
GHIA VARIANTA DIANINGWORO.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |