Perancangan Board game sebagai Sarana Alternatif Media Hiburan dan Pengetahuan Remaja Usia 18-25 Tahun mengenai Bangunan Bersejarah Kota Malang

Farhandika, Dimas Fikri and Wuri Cahya Hanaru, S.ST., M.Ds (2024) Perancangan Board game sebagai Sarana Alternatif Media Hiburan dan Pengetahuan Remaja Usia 18-25 Tahun mengenai Bangunan Bersejarah Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang dikenal sebagai kota dengan keindahan alam, warisan budaya lokal, dan bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda, menjadikannya destinasi menarik untuk dijelajahi. Pemahaman mengenai bangunan bersejarah ini penting untuk menanamkan nilai keberagaman dan persatuan. Namun, minat baca remaja yang rendah menjadi tantangan dalam menyampaikan pengetahuan sejarah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah board game sebagai media alternatif yang menyenangkan dan edukatif bagi remaja usia 18-25 tahun, guna meningkatkan pengetahuan mereka tentang bangunan bersejarah di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur, observasi, dan wawancara dengan pakar sejarah dan game master. Hasil penelitian menunjukkan bahwa board game dengan tema sejarah Kota Malang dapat menarik minat remaja untuk belajar melalui permainan. Prototipe board game diuji coba dan hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman narasumber mengenai sejarah bangunan di Kota Malang setelah bermain game. Desain board game ini menggabungkan elemen visual yang menarik, aturan permainan yang sederhana, dan konten edukatif yang relevan. Selain itu, media pendukung seperti buku panduan, stiker, gantungan kunci, brosur, X-Banner, dan media sosial Instagram digunakan untuk promosi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk ini. Dengan demikian, board game "Malang Heritage Quest" diharapkan dapat menjadi sarana edukasi yang efektif dan menghibur, serta membantu melestarikan dan mengenalkan bangunan bersejarah Kota Malang kepada generasi muda.

English Abstract

Malang City is renowned for its natural beauty, local cultural heritage, and historical buildings from the Dutch colonial era, making it an attractive destination for exploration. Understanding these historical buildings is crucial for instilling the values of diversity and unity. However, the low reading interest among teenagers poses a challenge in conveying historical knowledge. This study aims to design a board game as an alternative, enjoyable, and educational medium for teenagers aged 18-25 years to enhance their knowledge about historical buildings in Malang City. The research methodology includes literature review, observation, and interviews with history experts and game master. The results indicate that a board game themed around Malang City's history can attract teenagers to learn through play. The board game prototype was tested and showing an increase in their understanding of Malang's historical buildings after playing the game. The board game's design combines attractive visual elements, simple gameplay rules, and relevant educational content. Additionally, supporting media such as guidebooks, stickers, keychains, brochures, X-Banners, and social media (Instagram) are used for promotion and increasing public awareness of this product. Therefore, the board game "Malang Heritage Quest" is expected to be an effective and entertaining educational tool, helping to preserve and introduce Malang City's historical buildings to the younger generation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Board game, Bangunan Bersejarah, Kota Malang, Alternatif Media Hiburan, Edukasi Remaja-Board game, Historical Buildings, Malang City, Alternative Entertainment Media, Teen Education
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 03 Sep 2024 09:08
Last Modified: 03 Sep 2024 09:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225135
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dimas Fikri Farhandika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item