Perancangan UI/UX Website Booking Service Motor Online pada Bengkel Alfarezel Motor dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Fitria, Desyntha Hesty and Eka Ratri Noor Wulandari, S.Si., M.Si (2024) Perancangan UI/UX Website Booking Service Motor Online pada Bengkel Alfarezel Motor dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan adanya perkembangan teknologi internet memberikan dampak positif bagi semua orang, khususnya pada bidang jasa yaitu jasa service motor. Banyak sekali bengkel yang mengimplementasikan website sebagai booking service motor. Dalam pembuatan website booking service motor dibutuhkan desain yang menarik dan informatif. Dengan melakukan obeservasi kepada Bengkel Alfarezel Motor melalui metode wawancara dan observasi secara langsung yang dilakukan oleh penulis ditemukan beberapa permasalahan mulai dari keterbatasan tempat, sistem antrian yang tidak kondusif, hingga antrian yang masih ditulis secara manual. Dari permasalahan tersebut penulis berencana merancang Desain UI/UX Website Booking Service Motor Online dengan menggunakan metode design thinking. Menggunakan metode design thinking karena menyediakan pendekatan berbasis soslusi. Hasil dari peracangan desain UI/UX dilakukan pengujian dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui apakah desain tersebut dapat diterima dan meningkatan kepuasan pengguna.

English Abstract

Rapid technological developments support the development of internet technology. With the development of internet technology, it has a positive impact on everyone, especially in the service sector, namely motorcycle services. There are so many Bengkel that implement websites as motorcycle booking services. In creating a motorcycle booking service website, an attractive and informative design is needed. By observing the Bengkel Alfarezel Motor through the interview and direct observation method conducted by the author, several problems were found ranging from limited places, an unconducive queue system, to queues that were still written manually. From these problems, the author plans to design UI/UX Design of the Online Motor Booking Service Website using the design thinking method. Using the design thinking method because it provides a solutionbased approach. The results of the UI/UX design randomization were tested using the System Usability Scale (SUS) method to find out whether the design was acceptable and increase user satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: UI/UX, Design Thinking, System Usability Scale (SUS)-UI/UX, Design Thinking, System Usablity Scale (SUS)
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:21
Last Modified: 03 Sep 2024 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225104
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Desyntha Hesty Fitria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item