Implementasi Sistem Digitalisasi BRIMEN (BRI Document Management System) di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Pasar Minggu

Zahra, Dea Marshaura and Eka Agustinigtias, S.AB., M.AB (2024) Implementasi Sistem Digitalisasi BRIMEN (BRI Document Management System) di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Pasar Minggu. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Sistem Digitalisasi BRIMEN (BRI Document Management System) di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Pasar Minggu. Untuk mengetahui hal tersebut penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Bank BRI pusat menciptakan BRIMEN (BRI Document Management System) sistem digital yang dibentuk guna mempermudah dan memperbarui sistem pengelolaan dokumen nasabah. BRIMEN (BRI Document Management System) merupakan brankas bentuk digital yang memiliki tujuan untuk mempermudah dalam mencari dokumen nasabah dan mencegah terjadinya kehilangan dokumen nasabah. Sistem ini memungkinkan penginputan seluruh dokumen yang terkait dengan nasabah ke dalam platform BRIMEN, di mana dokumen-dokumen tersebut diinput dan disimpan dalam brankas digital. Adapun kendala yang ditemui di Bank BRI Cabang Pasar Minggu yaitu penuhnya brankas dokumen nasabah yang mengakibatkan beberapa dokumen terselip dan hilang yang menyebabkan dokumen sulit ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi BRIMEN memudahkan petugas administrasi kredit (ADK) dalam berbagai tugas seperti pemindaian dokumen nasabah, pengunggahan berkas ke sistem, pengarsipan berkas fisik. Dengan begitu BRIMEN memberikan manfaat yang signifikan, terutama dalam hal fleksibilitas dan efisiensi waktu, meskipun masih dalam proses penyempurnaan.

English Abstract

The aim of this research is to determine the implementation of the BRIMEN Digitalization System (BRI Document Management System) at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Pasar Minggu Branch. To find out this, the author used qualitative research with descriptive analysis methods. The data collection used was observation and interviews. Central BRI Bank created BRIMEN (BRI Document Management System) a digital system which was created to simplify and update the customer document management system. BRIMEN (BRI Document Management System) is a digital form of safe which aims to make it easier to find customer documents and prevent loss of customer documents. This system allows input of all documents related to customers into the BRIMEN platform, where these documents are input and stored in a digital safe. The problem encountered at Bank BRI Pasar Minggu Branch was that the customer document safe was full which resulted in several documents being tucked away and lost which made documents difficult to find. The research results show that the BRIMEN application makes it easier for credit administration officers (ADK) in various tasks such as scanning customer documents, uploading files to the system, archiving physical files. In this way, BRIMEN provides significant benefits, especially in terms of flexibility and time efficiency, although it is still in the process of being perfected.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sistem BRIMEN, Petugas Administrasi kredit-Implementation, BRIMEN System, Credit Administration Officer
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:25
Last Modified: 02 Sep 2024 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225070
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dea Marshaura Z.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item