Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Kuliner Di Malang (Studi kasus pada akun Instagram @malangfoodies)

Ramadhani, Faizah Choirul Nisa and Tri Mega Asri,, S.Sos., M.I.Kom (2024) Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Kuliner Di Malang (Studi kasus pada akun Instagram @malangfoodies). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instagram adalah social media berbagi foto yang mulai banyak digunakan untuk kepentingan komunikasi pemasaran dengan ciri khasnya yang mengedepankan pesan visual dan interaktivitas yang tinggi. Pemasaran menggunakan media sosial sedang populer khususnya di bidang kuliner. Salah satunya adalah akun Instagram @malangfoodies yang memanfaatkan Instagram untuk memberi ulasan mengenai kuliner di Malang dan mempromosikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat keberhasilan Instagram sebagai media promosi kuliner di Malang dengan studi kasus pada akun Instagram @malangfoodies. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan menggunakan Google forms kepada pemilik akun instagram aktif dan follow akun Instagram @malangfoodies yang aktif mengunjungi timeline akun @malangfoodies minimal 1 kali dalam seminggu. Teori yang digunakan adalah Teori model AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action). Keberhasilan akun Instagram @malangfoodies terlihat ketika followers tertarik dengan foto atau konten yang diunggah, sehingga mereka mengklik like, menulis komentar, merekomendasikannya kepada teman maupun keluarga, membeli kuliner yang dipromosikan, dan mengunjungi tempat kuliner tersebut

English Abstract

Instagram is a photo sharing social media that is starting to be widely used for marketing communications purposes with its characteristics of prioritizing visual messages and high interactivity. Marketing using social media is becoming popular, especially in the culinary sector. One of them is the Instagram account @malangfoodies which uses Instagram to provide reviews about culinary delights in Malang and promote them. This research aims to determine and analyze the level of success of Instagram as a culinary promotion medium in Malang with a case study on the Instagram account @malangfoodies. The approach used is quantitative with a purposive sampling method. Data was obtained from a questionnaire distributed using Google forms to owners of active Instagram accounts and followers of the @malangfoodies Instagram account who actively visit the @malangfoodies account timeline at least once a week. The theory used is the AIDA model theory (Attention, Interest, Desire and Action). The success of the @malangfoodies Instagram account can be seen when followers are interested in the photos or content uploaded, so they click likes, write comments, recommend it to friends and family, buy the culinary delights being promoted, and visit the culinary place.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Instagram, Promosi, Model AIDA-Instagram, Promotion, AIDA Model
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:22
Last Modified: 02 Sep 2024 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225049
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FAIZAH CHOIRUL NISA RAMADHANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item