Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Kuliner “Bakul_Ikiecho_Budiah” Di Kabupaten Pasuruan Melalui Media Sosial Instagram

Arisanti W, Cahyadwi and Susilowati, S.Sos., M.AB (2024) Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Kuliner “Bakul_Ikiecho_Budiah” Di Kabupaten Pasuruan Melalui Media Sosial Instagram. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis di bidang kuliner sampai kapanpun akan terus berkembang. Kondisi ini menuntut pengusaha untuk meningkatkan daya saing. Berdasarkan data Metode Pemasaran UMKM Provinsi Jawa Timur di Tahun 2010 – 2024, rata-rata 60% pelaku UMKM menggunakan metode Non Digital dan 16% menggunakan metode E-Commerce. Dalam meningkatkan persaingan maka perusahaan dituntut untuk memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Instagram merupakan media sosial yang banyak dijadikan tempat unutk berbisnis dan dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran. Instagram juga menjadi salah satu media sosial yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Salah satunya adalah akun “bakul_ikiecho_budiah” yang memanfaatkan Media Sosial Instagram untuk memberi ulasan dan mempromosikan mengenai produk kuliner di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah omzet sebelum dan setelah pengoptimalan media sosial instagram pada “bakul_ikiecho_budiah”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Populasi berjumlah 237 followers. Sampel menggunakan Random Sampling sebanyak 70 followers. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian dari promosi yang dilakukan “bakul_ikiecho_budiah” untuk mengetahui perbedaan rata-rata dari omzet penjualan tiga bulan sebelum Bulan Oktober – Desember dan tiga bulan sesudah Bulan Januari - Maret pengoptimalan media sosial Instagram “bakul_ikiecho_budiah”.

English Abstract

Business competition in the culinary sector will continue to grow at any time. This condition requires entrepreneurs to increase their competitiveness. Based on data on MSME Marketing Methods for East Java Province in 2010 – 2024, an average of 60% of MSMEs use non-digital methods and 16% use e-commerce methods. In increasing competition, companies are required to utilize social media as a promotional medium. Instagram is a social media that is widely used as a place to do business and is used as a marketing communications medium. Instagram is also one of the social media used to promote a product. One of them is the account "bakul_ikiecho_budiah" which uses Instagram social media to provide reviews and promote culinary products in Pasuruan Regency. This research aims to find out the amount of turnover before and after optimizing Instagram social media on "bakul_ikiecho_budiah". The research method used in this research is Quantitative Descriptive. The population is 237 followers. The sample used Random Sampling of 70 followers. Data collection techniques were carried out through questionnaires and interviews. Research results from promotions carried out by "bakul_ikiecho_budiah" to find out the average difference in sales turnover three months before October - December and three months after January - March optimizing Instagram social media "bakul_ikiecho_budiah".

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Kuliner dan Omzet Penjualan-Social Media, Instagram, Micro Small and Medium Enterprises (SMES), Culinary, Sales Turnover
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:26
Last Modified: 02 Sep 2024 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225010
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cahyadewi Arisanti Widyatamala.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item