Mahendra, Budi and Rachmad Andri Atmoko, S.ST, M.T (2024) Analisis Strategi Komunikasi Digital Pt Intiland Development Tbk Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan Melalui Konten Reels Pada Instagram @Intilanddev Tugas Akhir. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seiring dengan perkembangan era digitalisasi, strategi komunikasi digital juga semakin diarahkan pada pemasaran digital dengan memanfaatkan kekuatan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi digital yang digunakan oleh PT Intiland Development Tbk dalam meningkatkan retensi pelanggan melalui konten reels Instagram. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui faktorfaktor yang mendukung dan menghambat strategi tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan narasumber terkait dari PT Intiland Development Tbk dan observasi akun Instagram @intilanddev. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Intiland Development Tbk menerapkan strategi content marketing yang terdiri dari tahap pre-production, production, dan post-production. Tahapan ini mencakup menetapkan tujuan, pemetaan target pasar, penggagasan dan perencanaan konten, penciptaan konten, distribusi konten, penguatan konten, evaluasi pemasaran konten, dan pengembangan pemasaran konten. Faktor pendukung strategi ini adalah kolaborasi dengan mitra bisnis dan faktor penghambatnya adalah kurangnya konten interaktif.
English Abstract
Along with the development of the digitalization era, digital communication strategies are also increasingly directed at digital marketing by utilizing the power of social media. This research aims to determine the digital communication strategy used by PT Intiland Development Tbk to increase customer retention through Instagram reels content. The research also aims to determine the factors that support and hinder this strategy. The approach used is descriptive qualitative with data collection techniques through interviews with relevant sources from PT Intiland Development Tbk and observation of the Instagram account @intilanddev. The research results show that PT Intiland Development Tbk implements a content marketing strategy consisting of pre-production, production and post-production stages. This stage includes setting goals, mapping target markets, initiating and planning content, creating content, distributing content, strengthening content, evaluating content marketing, and developing content marketing. The supporting factor for this strategy is collaboration with business partners and the inhibiting factor is the lack of interactive content.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Digital, Reels Instagram, Pemasaran Konten, Retensi Pelanggan-Digital Communication Strategy, Instagram Reels, Content Marketing, Customer Retention |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225000 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Budi Mahendra.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |