Putri, Bridgeta Elisa and Eka Ratni Noor W,S, S.Si, M.Si, M.Sc (2024) Strategi Konten Promosi Melalui Instagram Untuk Meningkatkan Traffic Kunjungan Pada Website Wartajatim.co.id. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media sosial merupakan sebuah gaya hidup yang hampir dimiliki oleh seluruh kalangan. Perkembangan media sosial dibuktikan oleh data yang bersumber dari platform manajemen media sosial Hootsuite yang dirilis pada 18 April 2023, menunjukkan bahwa pengguna media sosial aktif telah mencapai 4,76 milyar pengguna dari total jumlah penduduk di dunia 8,01 milyar. Instagram menjadi platform media sosial “favorit” di seluruh dunia, dengan 16.5% pengguna internet usia kerja memilih media sosial tersebut dibandingkan yang lainnya. Hal ini selanjutnya bisa memberikan dampak yang positif bagi para pelaku bisnis untuk mempermudah pemasaran produknya. Pemanfaatan penggunaan media sosial untuk pemasaran produk juga dimanfaatkan oleh salah satu portal media online bernama wartajatim.co.id. Tugas akhir ini bertujuan untuk menerangkan seberapa berpengaruh strategi konten promosi melalui Instagram untuk meningkatkan traffic kunjungan pada website wartajatim.co.id. Hasil dari Tugas Akhir ini terdapat peningkatan traffic kunjungan pada website maupun Instagram Wartajatim. Berawal dari traffic kunjungan pada website sejumlah 3.674 kunjungan menjadi 21.702 kunjungan. Sedangkan traffic kunjungan pada Instagram berawal dari 4.030 kunjungan menjadi 105.135 kunjungan. Hal tersebut dikarenakan adanya strategi konten promosi yang dijalankan pada Instagram @wartajatim.co.id sehingga postingan lebih terarah dan terkonsep. Strategi yang dilakukan adalah dengan pengunggahan postingan feed, carousel, dan reels secara rutin mengikuti trend terkini serta selalu menyertakan CTA untuk mengunjungi website wartajatim.co.id pada caption di setiap unggahannya. Diharapkan untuk kedepannya, Wartajatim dapat terus menerapkan strategi konten promosi ini dengan rutin untuk mempertahankan traffic kunjungan pada website maupun Instagram @wartajatim.co.id.
English Abstract
Social media is a lifestyle that is shared by almost all groups. The development of social media is proven by data sourced from the social media management platform Hootsuite which was released on April 18 2023, showing that active social media users have reached 4.76 billion users out of a total world population of 8.01 billion. Instagram is the “favorite” social media platform worldwide, with 16.5% of working age internet users choosing it over others. This can then have a positive impact on business people to make it easier to market their products. The use of social media for product marketing is also utilized by an online media portal called wartajatim.co.id. This final assignment aims to explain how influential promotional content strategies via Instagram are in increasing traffic on the wartajatim.co.id website. The results of this final assignment are an increase in visiting traffic on the Wartajatim website and Instagram. Starting from traffic visits to the website of 3,674 visits to 21,702 visits. Meanwhile, visiting traffic on Instagram started from 4,030 visits to 105,135 visits. This is because there is a promotional content strategy implemented on Instagram @wartajatim.co.id so that posts are more focused and conceptual. The strategy used is to regularly upload feed posts, carousels and reels following the latest trends and always include a CTA to visit the wartajatim.co.id website in the caption of each upload. It is hoped that in the future, Wartajatim can continue to implement this promotional content strategy regularly to maintain traffic on its website and Instagram @wartajatim.co.id.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224993 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bridgeta Elisa Putri.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |