Pembuatan Flipbook Layanan Prosedur Klaim Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (JAMSOSTEK) Sebagai Media Informasi Pada BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo

Novitasari, Eka Amelia and Sovia Rosalin,, A.Md.,S.AP.,S.Kom.,M.AB (2024) Pembuatan Flipbook Layanan Prosedur Klaim Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (JAMSOSTEK) Sebagai Media Informasi Pada BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jaminan Sosial Tenaga Kerja adalah suatu perlindungan bagi tenaga kerja dalam bentuk santunan berupa uang sebagai pengganti sebagian dari penghasilan yang hilang atau berkurang dan pelayanan sebagai akibat peristiwa atau keadaan yang dialami oleh tenaga kerja. Kantor BPJS Cabang Sidoarjo memiliki jumlah rating pada google yaitu 3,8 dengan jumlah ulasan sebanyak 618 ulasan dan masih tergolong ke dalam kategori cukup. Ditambah dengan kurangnya media informasi yang menjadikan kurangnya kualitas pelayanan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga perlu dibuatkan flipbook untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menambah media informasi pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo, Flipbook dipilih karena elemen yang terdapat pada Flipbook tidak hanya memuat tulisan saja, namun terdapat beberapa elemen seperti gambar, efek visual flip seperti membuka buku secara sungguhan, serta warna yang menarik bagi pembaca. Metode Penyelesaian Tugas Akhir yang digunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Serta tahapan pembuatan Flipbook meliputi 1. Pra Produksi, 2. Produksi dan 3. Pasca Produksi. Hasil penelitian Pembuatan Flipbook Layanan Prosedur Klaim Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (JAMSOSTEK) sebagai Media Informasi pada BPJS Sidoarjo dilakukan dengan cara membandingkan antara media pelayanan yang sudah ada (brosur) dengan flipbook tersebut. Dari hasil perbandingan tersebut flipbook lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan brosur sehingga pembuatan flipbook sangat tepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menyampaikan sebuah informasi kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo. Saran untuk peneliti selanjutnya dan instansi yaitu untuk terus mengembangkan inovasi dan ide kreatif lainnya untuk membuat media informasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang ada pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo.

English Abstract

Workers' Social Security is protection for workers in the form of compensation in the form of money as a replacement for a portion of lost or reduced income and services as a result of events or conditions experienced by workers. The BPJS Sidoarjo Branch Office has a rating on Google of 3.8 with a total of 618 reviews and is still classified as fair. Coupled with the lack of information media which results in a lack of service quality at the BPJS Employment Office. So it is necessary to make a flipbook to improve the quality of service and add information media at the Sidoarjo BPJS Employment office. Flipbook was chosen because the elements contained in the Flipbook do not only contain writing, but there are several elements such as images, the visual effect of flipping like opening a real book, as well as color. that is interesting to readers. The Final Assignment Completion Method used uses a qualitative descriptive method with data collection techniques of observation, interviews, documentation and literature study. And the stages of making a Flipbook include 1. PreProduction, 2. Production and 3. Post-Production. The results of the research on Making the Employment Social Security Claim Procedure Service Flipbook (JAMSOSTEK) as an Information Media at the BPJS Sidoarjo Office were carried out by comparing existing service media (brochures) with the flipbook. From the results of this comparison, flipbooks have more advantages compared to brochures, so making flipbooks is very appropriate for improving service quality and conveying information to BPJS Employment Sidoarjo participants. Suggestions for future researchers and agency are to continue to develop innovations and other creative ideas to create information media aimed

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Flipbook, Pelayanan, Prosedur Klaim, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.-Flipbook, Service, Claim Procedure, Employment Social Security.
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:53
Last Modified: 30 Aug 2024 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224968
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
EKA AMELIA NOVITASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item