Rancangan Content Planning Instagram @ioub_official Sebagai Media Informasi Interaktif International Office Universitas Brawijaya

Soliha, Azizatul Cholis and Dr. Karisma Sri Rahayu, S.S.T., M.AB (2024) Rancangan Content Planning Instagram @ioub_official Sebagai Media Informasi Interaktif International Office Universitas Brawijaya. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

International Office Universitas Brawijaya (IO UB) memanfaatkan Instagram sebagai kanal informasi untuk menyebarkan informasi mengenai beasiswa serta program nasional dan internasional. Namun, penyampaian informasi melalui flyer atau poster dari mitra perguruan tinggi luar negeri dianggap kurang menarik dan informatif. Oleh karena itu, content planning disarankan untuk mengelola konten interaktif, meningkatkan kualitas konten dengan penjadwalan, serta menambahkan informasi bermanfaat seperti tips dan trik pendaftaran program atau beasiswa. Perancangan ini bertujuan untuk membantu International Office Universitas Brawijaya dalam pengelolaan dan penjadwalan pengunggahan konten di akun Instagram @ioub_official. Rancangan content planning ini terdiri dari dua siklus yang berisikan lima konten dalam satu siklus dan diunggah setiap harinya di akun Instagram @ioub_official. Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah dengan metode kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara untuk mendapatkan data. Wawancara dilakukan bersama seorang narasumber dari divisi public relation di International Office Universitas Brawijaya yang bertugas sebagai pengelola akun instagram @ioub_official. Perancangan content planning ini didasarkan pada tiga tahapan utama yang terdiri dari tahapan pra-lapangan, kegiatan lapangan, dan pasca-lapangan. Hasil menunjukkan bahwa rancangan content planning pada penulisan Tugas Akhir ini bersifat cukup interaktif, karena telah mencakup empat dari tujuh elemen content marketing yang berkualitas. Hasil tersebut dibuktikan dengan wawancara akhir untuk meminta pendapat narasumber mengenai content planning yang telah dirancang. Diharapkan pihak International Office Universitas Brawijaya dapat secara konsisten menjadwalkan pendistribusian konten untuk kedepannya agar konten yang diunggah tetap terjadwal dan lebih informatif.

English Abstract

The International Office of Universitas Brawijaya (IO UB) uses Instagram as an information channel to disseminate information about national and international scholarships and programs. However, the delivery of information through flyers or posters from foreign university partners is considered less interesting and informative. Therefore, content planning is recommended to manage interactive content, improve the quality of content by scheduling, and add useful information such as tips and tricks for program or scholarship registration. This design aims to assist the International Office of Universitas Brawijaya in managing and scheduling content uploads on @ioub_official Instagram account. This content planning design consists of two cycles containing five pieces of content in one cycle and is uploaded every day on @ioub_official Instagram account. The method used in writing this Final Project is by descriptive qualitative method through observation and interviews to get data. The interview was conducted with a resource person from the public relations division at the International Office of Universitas Brawijaya who serves as the manager of @ioub_official Instagram account. The design of this content planning is based on three main stages consisting of pre-field stages, field activities, and post-field stages. The results show that the content planning design in writing this Final Project is quite interactive, because it has included four out of seven elements of quality content marketing. The results are evidenced by the final interview to ask for the opinion of the resource person regarding the content planning that has been designed. It is hoped that the International Office of Universitas Brawijaya can consistently schedule content distribution in the future so that the uploaded content remains scheduled and more informative.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Instagram, Content Planning, Media Informasi-Instagram, Content Planning, Information Media
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:42
Last Modified: 30 Aug 2024 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224943
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AZIZATUL CHOLIS SOLIHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item