Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Studio 24 Malang

Nafiah, Ata Ilma and Galih Panji Hardiko, STP. MT (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Studio 24 Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah kedai kopi di Indonesia pada Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada tahun 2016, yang hanya sekitar 1.000 gerai. Bisnis kuliner terutama kedai kopi, semakin berkembang pesat di Kota Malang. Berkembangnya kedai kopi ini menyebabkan ketatnya persaingan bisnis, cara yang dapat dilakukan untuk bersaing dengan adalah menerapkan strategi pemasaran yang berfokus pada kepuasan pelanggan. Salah satu kedai yang menerapkan strategi ini adalah Kopi Studio 24, selaras dengan visi-nya. Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Kopi Studio 24. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan atau tidak. Metode akuisisi data yang digunakan mengacu pada skala likert 1-5. Penelitian ini mendapatkan sebanyak 30 responden. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan uji analisis regresi sederhana dengan hasil nilai t hitung 5.132 > t tabel 1.703, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pelanggan.

English Abstract

The number of coffee shops in Indonesia in August 2019 reached more than 2,950 outlets, increasing almost threefold compared to 2016, which only had about 1,000 outlets. The culinary business, especially coffee shops, is growing rapidly in Malang City. The growth of these coffee shops has led to intense business competition. One way to compete is by implementing marketing strategies that focus on customer satisfaction. One shop that implements this strategy is Kopi Studio 24, in line with its vision. This research will discuss the influence of service quality on customer satisfaction at Kopi Studio 24. The aim is to determine whether service quality has a significant effect on customer satisfaction or not. The data acquisition method used refers to the 1-5 Likert scale. This research received 30 respondents. Subsequently, the data was processed using a simple regression analysis test, resulting in a t-statistic of 5.132 > t-table value of 1.703. Therefore, it can be concluded that the service quality variable has a positive effect on the customer satisfication variable.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kopi Studio 24 Malang-Service Quality, Customer Satisfaction, Kopi Studio 24 Malang
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:41
Last Modified: 30 Aug 2024 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224913
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ata Ilma Nafiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item