Lestari, Alfina Rizky and Salnan Ratih Asriningtiang, ST., MT (2022) Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen HIPAM di Desa Randuagung Kabupaten Malang Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Desa Randuagung, Malang, Jawa Timur memiliki salah satu badan usaha desa yaitu himpunan pemakai air minum atau yang biasa disebut hipam. Saat ini hipam di desa Randuagung melangsungkan kegiatan transaksi antara petugas dengan pengguna hipam dengan metode manual. Dengan melangsungkan kegiatan transaksi secara manual dinilai kurang efektif untuk petugas dan pengguna. Ketidakefektifan metode atau cara kerja pada hipam dapat diperbaiki dengan mengimplementasikan sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen yang diimplementasikan menjawab permasalahan petugas dan pengguna hipam yaitu dengan menerapkan fitur tagihan, data customer, aduan, dan pengumuman. Sistem informasi manajemen yang dirancang dapat digunakan oleh dua aktor yaitu pengguna hipam sebagai user dan petugas hipam sebagai admin. Sistem informasi manajemen yang diimplementasikan dirancang dengan menggunakan metode waterfall, database Mysql, bahasa pemrograman backend PHP Native, bahasa pemrograman frontend dengan framework bootstrap. Untuk admin, sistem informasi manajemen bermanfaat dalam memudahkan petugas melakukan pencatatan transaksi pembayaran dan menerima umpan balik dari pengguna. Sedangkan untuk customer dapat bermanfaat untuk membantu mengecek tarif tagihan, membuat aduan kepada petugas, dan melakukan konfirmasi pembayaran secara online.
English Abstract
Randuagung Village, Malang, East Java has one of the village business entities, namely the association of drinking water users or commonly called hipam. Currently hipam in the village of Randuagung conduct transactions between officers and users of hipam using manual methods. Carrying out transaction activities manually is considered less effective for officers and users. The ineffectiveness of methods or ways of working on HPM can be improved by implementing a management information system. The implemented management information system answers the problems of officers and users of hipam by implementing billing features, customer data, complaints, and announcements. Management information system can be used by two actors, namely hipam users as users and hipam officers as admins. The management information system that is implemented is designed using the waterfall method, MySQL database, PHP Native backend programming language, frontend programming language with bootstrap framework. For admins, the management information system is useful in making it easier for officers to record payment transactions and receive feedback from users. As for customers, it can be useful to help check billing rates, make complaints to officers, and confirm payments online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | sistem informasi manajemen,transaksi, hipam, waterfall.-management information systems, transactions, hipam, waterfall method. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 08:02 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 08:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224877 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alfina Rizky Lestari.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |