Ramadhan, Akbar Rizqi and Auliya Az Zahra,, S.AB., M.M (2024) Rancangan Content Calendar Guna Optimalisasi Instagram @ioub_official Sebagai Media Informasi Kepada Mahasiswa Universitas Brawijaya. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi terus berkembang pesat di era globalisasi, dan informasi menjadi kebutuhan manusia yang menyebabkan teknologi komunikasi terus berkembang. Di era modern ini, masyarakat membutuhkan alat komunikasi guna mendapatkan dan menyebarluaskan informasi dengan cepat dan mudah. Perkembangan teknologi inilah yang membantu masyarakat dalam proses komunikasi. Di Indonesia, masyarakat telah menggunakan teknologi komunikasi yang berbasis internet, khususnya dalam mengakses media sosial. Salah satu media sosial yang sangat populer di Indonesia adalah Instagram. Instagram merupakan platform media sosial yang sering digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan orang lain. International Office Universitas Brawijaya (IOUB) telah memanfaatkan Instagram sebagai media untuk menyebarkan informasi seputar kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri. Dalam mengelola instagram, staf IOUB dibantu oleh mahasiswa magang, yang tergabung dalam Tim Kreatif IOUB. Namun, konten pada instagram @ioub_official tidak terstruktur dengan baik sehingga terkesan monoton dan kurang mengundang audiens untuk berinteraksi. Metode yang digunakan penulis dalam menyelesaikan penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan indikator teori 5A yakni Aware, Appeal, Ask, Act, dan Advocate yang dikemukakan oleh Hermawan Kartajaya, 2015: 102-106. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten pada instagram @ioub_official memiliki kekurangan dalam hal branding, konten edukasi, dan konten entertain. Pembuatan konten pada instagram @ioub_official hanya berdasarkan pada informasi yang masuk dan akan dipublikasikan. Oleh karena itu, diperlukan rancangan konten instagram yang menarik dan optimal untuk menarik minat dan mengedukasi mahasiswa Universitas Brawijaya.
English Abstract
Technology continues to rapidly evolve in the era of globalization, with information becoming a human necessity that drives the ongoing development of communication technology. In this modern era, society requires communication tools to swiftly and easily acquire and disseminate information. This technological advancement significantly aids society in the communication process. In Indonesia, the community has adopted internet-based communication technology, particularly for accessing social media. One of the most popular social media platforms in Indonesia is Instagram, widely used for communication and sharing information with others. The International Office of Universitas Brawijaya (IOUB) has utilized Instagram as a platform to disseminate information about opportunities for studying abroad. In managing Instagram, IOUB staff are assisted by intern students who are part of the IOUB Creative Team. However, the content on @ioub_official Instagram lacks proper structure, appearing monotonous and failing to engage the audience effectively. The author used a qualitative method to conduct this research, employing the 5A theory indicators namely Aware, Appeal, Ask, Act, and Advocate proposed by Hermawan Kartajaya, 2015: 102-106. The research findings indicate that the content on @ioub_official Instagram lacks in branding, educational content, and entertainment content. Content creation for @ioub_official Instagram is currently based solely on incoming information to be published. Therefore, there is a need for an attractive and optimized Instagram content strategy to capture interest and educate Universitas Brawijaya students effectively
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Perencanaan Konten, Content Calendar, International Office Universitas Brawijaya-Instagram, Content Planning, Content Calendar, International Office Universitas Brawijaya |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 08:01 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 08:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224854 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
AKBAR RIZQI RAMADHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |