Analisis Tegangan Lentur dan Lendutan Pelat Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Pondasi Elastis dengan Variasi Mutu Beton

Adam, Mohammad Arsad and Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono, MD, MS. and Ir. Roland Martin Simatupang, ST., MT., M.Sc. (2024) Analisis Tegangan Lentur dan Lendutan Pelat Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Pondasi Elastis dengan Variasi Mutu Beton. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan adalah sarana transportasi yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat di suatu daerah baik perkotaan maupun pedesaan. Khususnya jalan pedesaan memiliki dampak terhadap kualitas hidup masyarakat desa karena menjadi salah satu faktor meningkatnya perekonomian. Tipe perkerasan yang sering digunakan pada jalan desa adalah perkerasan kaku (rigid pavement). Pembangunan jalan dengan tipe perkerasan kaku biasa dilaksanakan melalui program padat karya yang artinya banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Proses pengerjaan dilakukan dengan cara mencampurkan beton di lokasi pekerjaan. Hal ini menyebabkan kualitas dari beton akan sulit mencapai standar yang diinginkan. Selain itu, proses pemadatan tanah seringkali tidak dikerjakan dengan baik. Oleh karena itu, dilakukan analisis tegangan lentur dan lendutan pelat perkerasan kaku pada pondasi elastis dengan variasi mutu beton. Pada penelitian ini dilakukan analisis lendutan dan tegangan lentur menggunakan metode Beams on Elastic Foundation. Data yang digunakan berasal dari eksperimen yang telah dilakukan di laboratorium berupa lendutan dan regangan yang terjadi pada pelat perkerasan kaku pada beban tetap sebesar 10 ton. Selain itu, variasi mutu beton yang digunakan sebesar 9,13 MPa; 20,23 MPa; 35,06 MPa dan nilai CBR tetap sebesar 8%. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa tegangan lentur dan lendutan dipengaruhi oleh variasi mutu beton. Seiring meningkatnya mutu beton, didapatkan nilai tegangan lentur analisis sebesar 9,74 MPa, 9,63 MPa, dan 8,92 MPa. Sedangkan lendutan analisis yang didapat seiring meningkatnya mutu beton yaitu sebesar 2,39 mm, 2,18 mm, dan 2,06 mm. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar mutu beton, maka tegangan lentur dan lendutan yang terjadi akan semakin kecil.

English Abstract

Roads are a vital means of transportation in the lives of people in both urban and rural areas. Specifically, rural roads have an impact on the quality of life of rural communities as they are a key factor in improving the economy. The type of pavement commonly used on rural roads is rigid pavement. Road construction with rigid pavement is typically carried out through labor-intensive programs, meaning it relies more on manual labor compared to machinery. The construction process involves mixing concrete on-site, which makes it difficult to achieve the desired concrete quality. Additionally, soil compaction is often not done properly. Therefore, an analysis of the bending stress and deflection of rigid pavement slabs on elastic foundations with varying concrete qualities is conducted. In this study, deflection and bending stress analyses are performed using the Beam on Elastic Foundation method. The data used comes from laboratory experiments involving deflection and strain occurring on rigid pavement slabs under a constant load of 10 tons. Moreover, the variations in concrete quality used are 9,13 MPa; 20,23 MPa; 35,06 MPa, with a constant CBR value of 8%. The results of the analysis indicate that bending stress and deflection are influenced by variations in concrete quality. As the concrete quality increases, the analyzed bending stress values obtained are 9,74 MPa, 9,63 MPa, and 8,92 MPa. Meanwhile, the analyzed deflection values obtained as the concrete quality increases are 2,39 mm, 2,18 mm, and 2,06 mm. This shows that the higher the concrete quality, the lower the bending stress and deflection.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052407
Uncontrolled Keywords: Tegangan Lentur, Lendutan, Mutu Beton, Perkerasan kaku, Beam on Elastic Foundation. -Bending Stress, Deflection, Concrete Quality, Rigid Pavement, Beam on Elastic Foundation.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:36
Last Modified: 29 Aug 2024 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224834
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOHAMMAD ARSAD ADAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item