Eksplorasi Pengalaman Pasien Rawat Jalan Dengan Jkn Terkait Waktu Tunggu Obat Di Unit Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Kota Malang

Zahira, Adzra and dr. Widodo Mardi Santoso, Sp.S(K), and dr. Devita Rahmani Ratri, M.Sc, (2024) Eksplorasi Pengalaman Pasien Rawat Jalan Dengan Jkn Terkait Waktu Tunggu Obat Di Unit Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan farmasi rumah sakit adalah bagian dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien dan penyediaan obat yang bermutu, yang terjangkau bagi semua masyarakat. Kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi sangat dipengaruhi oleh kepuasan waktu tunggu obat. Kepuasan waktu tunggu dapat dilihat dari dimensi objektif, subjektif, kognitif, dan subjektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana pengalaman pasien terkait waktu tunggu obat di unit farmasi RSUD Dr. Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan narrative inquiry merupakan jenis metode yang digunakan pada penelitian ini. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan informan penelitian dengan jumlah responden 8 orang. Selama proses pengambilan obat pasien mengatakan petugas kefarmasian yang sudah memberikan pelayanan yang baik dan kondisi lingkungan tunggu yang baik namun jumlah fasilitas di ruang tunggu yang tidak mencukupi. Terdapat juga permasalahan terkait waktu tunggu yang lama berpengaruh terhadap perasaan pasien yang tidak menyenangkan terhadap waktu tunggu obat menyebabkan respon negatif kepuasan waktu tunggu obat.

English Abstract

Hospital pharmacy services are part of the hospital health service system which is oriented towards patient care and the provision of quality medicines, which are affordable for all communities. Patient satisfaction with pharmaceutical services is greatly influenced by satisfaction with waiting time for medicines. Waiting time satisfaction can be seen from objective, subjective, cognitive and subjective dimensions. This research was conducted to explore the patient's experience regarding waiting times for medicines in the pharmacy unit at Dr. Saiful Anwar, East Java Province. The qualitative research method with a narrative inquiry approach is the type of method used in this research. The purposive sampling method was used to determine research informants with a total of 8 respondents. During the process of taking the medicine, the patient said that the pharmacy staff had provided good service and the waiting environment was good, but the number of facilities in the waiting room was insufficient. There are also problems related to long waiting times which influence the patient's unpleasant feelings towards the waiting time for medicine, causing a negative response to satisfaction with waiting time for medicine.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524060051
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi, Kualitatif, Waktu tunggu obat, Pengalaman, PermasalahanEksplorasi, Kualitatif, Waktu tunggu obat, Pengalaman, Permasalahan
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:53
Last Modified: 28 Aug 2024 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224729
[thumbnail of DALAM  MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adzra Zahira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item