Pengaruh Sikap, Motivasi dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada ‘’Teh Kota’’ di Kabupaten Bojonegoro)

Nurhayati, Yetti Kartika and Dr.Ir. Agustina Shinta Hartati Wahyuningtyas,, MP and Dr. Riyanti Isaskar, SP, M.Si (2024) Pengaruh Sikap, Motivasi dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada ‘’Teh Kota’’ di Kabupaten Bojonegoro). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tindakan final dari berbagai pertimbangan yang dilakukan oleh konsumen. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh sikap, motivasi, gaya hidup, dan minat beli konsumen terhadap produk. Sikap adalah suatu persepsi dan penilaian konsumen terhadap atribut-atribut kunci pada suatu produk. Motivasi merupakan kekuatan pribadai dari diri seseorang yang mendorong individu tersebut untuk segera melakukan sesuatu guna memenuhi keinginannya. Gaya hidup merupakan kebiasaan yang dilakukan ataupun yang digunakan seorang individu dalam keseharian. Sedangkan minat beli adalah salah satu jenis perilaku konsumen yang terjadi sebagai respon yang muncul terhadap objek yang menunjukan keinginan konsumen untuk membeli sesuatu. Industri minuman teh kemasan terus menujukkan trend positif setiap tahunnya. Salah satu brand minuman yang merebranding teh adalah “Teh Kota Indonesia” atau biasa disebut dengan “Teh Kota". Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sikap, motivasi, gaya hidup, dan minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian produk “Teh Kota” di Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sikap, motivasi, gaya hidup, dan minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian produk “Teh Kota” di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada produk “Teh Kota” yang berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Waktu penelitian pada bulan Januari 2024. Peneliti menggunakan metode purposive sampling dalam penentuan responden. Penentuan jumlah responden ditentukan berdasarkan pada tabel Statistical Power 80% oleh Cohen dimana pada level signifikansi alfa sebesar 5% (α = 0,05) dan minimin R2 0,25 dengan jumlah arah panah menuju konstruksi sebanyak 7, maka jumlah responden minimal sebanyak 80 responden. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil responden sebanyak 82 orang. Data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan pendekatan WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable sikap, gaya hidup, dan minat beli konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk “Teh Kota” di Kabupaten Bojonegoro. Akan tetapi variable motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada variabel minat indikator yang masih memiliki nilai kecil adalah minat transaksional. Oleh karena itu, minat transaksional konsumen perlu ditingkatkan dengan cara menjaga mutu dan cita rasa agar rasa dari produk “Teh Kota” tidak berubah-ubah. Selain itu, pemilik outlet perlu membuat opini konsumen yang selalu positif terhadap produk “Teh Kota” dengan tetap menjaga mutu produk, membuat kemasan yang menarik dan praktis, serta pelayanan yang ramah agar dapat memuaskan konsumen. Sehingga penjualan produk “Teh Kota” dapat meningkat.

English Abstract

Purchasing decisions are the final action of various considerations made by consumers. Purchasing decisions are influenced by consumers' attitudes, motivation, lifestyle and purchasing interest in products. Attitude is a consumer's perception and assessment of the key attributes of a product. Motivation is a person's personal strength that encourages the individual to immediately do something to fulfill his desires. Lifestyle is a habit carried out or used by an individual in everyday life. Meanwhile, buying interest is a type of consumer behavior that occurs as a response to an object that shows the consumer's desire to buy something. The packaged tea beverage industry continues to show a positive trend every year. One of the beverage brands that is rebranding tea is "Indonesian City Tea" or commonly known as "City Tea". The formulation of the problem in this research is how attitudes, motivation, lifestyle and consumer purchasing interest influence the decision to purchase "Teh Kota" products in Bojonegoro Regency. Meanwhile, the aim of this research is to analyze the influence of consumer attitudes, motivation, lifestyle and purchasing interest on purchasing decisions for "Teh Kota" products in Bojonegoro Regency. This research uses descriptive quantitative research methods. Research was conducted on the "Teh Kota" product in the Bojonegoro Regency area. Research time in January 2024. Researchers used a purposive sampling method in determining respondents. The number of respondents was determined based on the Statistical Power 80% table by Cohen where at an alpha significance level of 5% (α = 0.05) and a minimum R2 of 0.25 with the number of arrows pointing towards construction being 7, the minimum number of respondents would be 80 respondents. . In this study, researchers took 82 respondents. The data used in the research consists of primary data and secondary data. Data analysis in this study used Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) with the WarpPLS approach. The results of the research show that the variables of attitude, lifestyle and consumer buying interest influence the decision to purchase "Teh Kota" products in Bojonegoro Regency. However, the motivation variable does not have a significant effect on purchasing decisions. In the interest variable, the indicator that still has a small value is transactional interest. Therefore, consumer transactional interest needs to be increased by maintaining quality and taste so that the taste of the "Teh Kota" product does not change. Apart from that, outlet owners need to create positive consumer opinions regarding "Teh Kota" products by maintaining product quality, creating attractive and practical packaging, as well as friendly service in order to satisfy consumers. So that sales of "Teh Kota" products can increase.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042404
Divisions: S2/S3 > Magister Bioteknologi Agroindustri, Fakultas Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:27
Last Modified: 30 Jul 2024 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224702
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
yetti kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item