Pengaruh Harga dan Kesegaran Ikan terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Ikan di Kios Ikan Nelayan, Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pondokdadap, Kabupaten Malang

Nugraha, Hesa Ananta Harya and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2024) Pengaruh Harga dan Kesegaran Ikan terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Ikan di Kios Ikan Nelayan, Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pondokdadap, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki luas wilayah lautan yang lebih besar dari pada daratan, sehingga potensi sumberdaya laut Indonesia juga berlimpah. Indonesia merupakan salah satu produsen ikan di dunia. Kelimpahan sumberdaya laut Indonesia yang salah satunya kaya akan perikanan laut, sehingga Indonesia mampu menyediakan ikan sebagai salah satu sumber protein hewani bagi masyarakat. Semakin tingginya kesadaran akan pentingnya konsumsi ikan dalam pola makan sehat telah mendorong minat masyarakat untuk membeli ikan segar. Selain itu, ketika masyarakat semakin memahami manfaat kesehatan yang terkait dengan konsumsi ikan, mereka cenderung mencari opsi terbaik untuk membeli ikan segar. Ini mendorong minat masyarakat dalam membeli ikan dari sumbersumber yang dapat dipercaya, seperti pasar ikan lokal atau pembudidaya ikan organik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengaruh: 1) harga terhadap minat beli, 2) kesegaran ikan terhadap minat beli, 3) harga terhadap keputusan pembelian, 4) kesegaran ikan terhadap keputusan pembelian, 5) minat beli terhadap keputusan pembelian, 6) harga terhadap keputusan pembelian melalui mediasi minat beli, dan 7) kesegaran ikan terhadap keputusan pembelian melalui mediasi minat beli. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data non probability sampling. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan aplikasi WarPLS 08 Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa harga dan kesegaran ikan dapat mendorong minat beli ikan segar di Kios Ikan Nelayan, harga dan kesegaran ikan dapat mendorong timbulnya keputusan pembelian ikan segar di Kios Ikan Nelayan dan Minat beli mampu berperan dalam memediasi hubungan antara harga dan kesegaran ikan terhadap keputusan pembelian ikan segar di Kios Ikan Nelayan. Hubungan antara Harga dan kesegaran ikan terhadap minat beli dan keputusan memiliki hubungan secara positif sehingga apabila penilaian terhadap harga dan kesegaran ikan tinggi maka minat dan keputusan pembelian ikan juga akan meningkat bagitupun sebaliknya. Adapun saran yang dapat direkomendasikan kepada pemilik usaha Kios Ikan Nelayan adalah perlunya menjaga kestabilan harga agar harga ikan tetap terjangkau bagi pembeli dan perlunya menetapkan harga ikan agar sesuai dengan kualitas ikan yang ditawarkan sehingga dapat meningkatkan minat beli konsumen untuk melakukan pembelian di Kios Ikan Nelayan Pondokdadap. Pemilik usaha juga perlu menjaga kondisi ikan yang dijual agar tetap bagus dan segar agar komponen tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian ulang di Kios Ikan Nelayan Pondokdadap.

English Abstract

Indonesia has a larger ocean area than land, so Indonesia's marine resource potential is also abundant. Indonesia is one of the fish producers in the world. Indonesia's abundance of marine resources, one of which is rich in marine fisheries, means that Indonesia is able to provide fish as a source of animal protein for the community. Increasing awareness of the importance of consuming fish in a healthy diet has encouraged people's interest in buying fresh fish. Additionally, as people increasingly understand the health benefits associated with fish consumption, they are more likely to seek out the best options for purchasing fresh fish. This encourages people's interest in buying fish from trustworthy sources, such as local fish markets or organic fish farmers. The aim of this research is to analyze the relationship between: 1) price on purchasing interest, 2) fish freshness on purchasing interest, 3) price on purchasing decisions, 4) fish freshness on purchasing decisions, 5) purchasing interest on purchasing decisions, 6) price on purchasing decisions through the mediation of buying interest, and 7) freshness of fish on purchasing decisions through the mediation of buying interest. Based on the research results, it is known that the price and freshness of fish can encourage interest in buying fresh fish at the Fisherman's Fish Kiosk, the price and freshness of fish can encourage the decision to purchase fresh fish at the Fisherman's Fish Kiosk and buying interest can play a role in mediating the relationship between price and fish freshness on decisions. purchase fresh fish at the Fisherman's Fish Kiosk. The relationship between price and freshness of fish on buying interest and decisions has a positive relationship so that if the assessment of the price and freshness of fish is high then interest and decisions to buy fish will also increase and vice versa. The suggestions that can be recommended to business owners of Fisherman's Fish Kiosk are the need to maintain price stability so that fish prices remain affordable for buyers and the need to set fish prices to match the quality of the fish offered so as to increase consumer buying interest in making purchases at the Pondokdadap Fisherman's Fish Kiosk. Business owners also need to maintain the condition of the fish they sell so that it remains good and fresh so that these components can influence consumers to make repeat purchases at the Pondokdadap Fisherman's Fish Kiosk

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524080312
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:49
Last Modified: 27 Aug 2024 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224701
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hesa Ananta Harya Nugraha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item