Analisis Jenis Content Marketing Pada Instagram Indiekraf Dalam Upaya Membentuk Customer Engagement

Fadhila, Wahyu Nur and Eka Ratni Noor W,S, S.Si, M.Si, M.Sc (2024) Analisis Jenis Content Marketing Pada Instagram Indiekraf Dalam Upaya Membentuk Customer Engagement. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi internet di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir, yang menjadikan internet menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Perkembangan internet di Indonesia diiringi dengan perkembangan pemasaran digital (Digital Marketing) yang dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan atau bisnis modern saat ini guna memasarkan produk atau jasanya. Digital marketing, khususnya melalui media sosial Instagram, memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi langsung dan personal dengan konsumen yang menjadi kunci dalam membangun hubungan jangka panjang. Instagram, sebagai platform pemasaran, memainkan peran penting dalam pembuatan konten pemasaran dan membangun customer engagement. Penggunaan Instagram oleh perusahaan atau bisnis seperti Indiekraf, sebuah agensi kreatif dan media informasi di Malang, menunjukkan upaya dalam berkomunikasi dengan pelanggan melalui berbagai jenis content marketing dalam membangun customer engagement. Melalui analisis data, tugas akhir ini diharapkan memberikan wawasan mengenai jenis konten yang menghasilkan interaksi tertinggi dalam upaya membentuk customer engagement, membantu bisnis dalam mengoptimalkan strategi pemasaran di Instagram. Dari hasil tugas akhir ini diperoleh empat jenis content marketing yang digunakan oleh indiekraf dengan dua jenis content marketing yang memiliki interaksi tertinggi, yaitu konten informatif dan event marketing. Dengan menganalisis jenis konten yang diposting oleh @indiekraf, tugas akhir ini akan memberikan panduan bagi bisnis untuk menciptakan strategi content marketing yang efektif, meningkatkan customer engagement, dan loyalitas pelanggan melalui konten yang relevan dan menarik, sehingga mendukung pertumbuhan bisnis.

English Abstract

The development of internet technology in Indonesia has experienced rapid progress in recent years, which has made the internet an inseparable part of people's lives. The development of the internet in Indonesia is accompanied by the development of digital marketing, which is utilized by a modern company or business today to market its products or services. Digital marketing, especially through Instagram social media, allows companies to interact directly and personally with consumers which is key in building long-term relationships. Instagram, as a marketing platform, plays an important role in creating marketing content and building customer engagement. The use of Instagram by companies or businesses such as Indiekraf, a creative and information media agency in Malang, shows efforts in communicating with customers through various types of content marketing in building customer engagement. Through data analysis, this final project is expected to provide insight into the types of content that generate the highest interaction in an effort to form customer engagement, helping businesses in optimizing marketing strategies on Instagram. From the results of this final project, four types of content marketing are used by indiekraf with two types of content marketing that have the highest interaction, namely informative content and event marketing. By analysing the types of content posted by @indiekraf, this final project will provide guidance for businesses to create effective content marketing strategies, increase customer engagement, and customer loyalty through relevant and interesting content, thus supporting business growth.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Jenis Content Marketing, Instagram, Customer Engagement-Content Marketing, Types of Content Marketing, Instagram, Customer Engagemen
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:50
Last Modified: 26 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224585
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wahyu Nur Fadhila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item