Aji, Trisnanda Yuwono and Nanang A.S, S.M., M.M (2024) Implementasi Strategi Promosi dengan Pemanfaatan Media Sosial Instagram (Studi pada Angkringan Ngaglik, Kab. Ngawi). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan internet dan media sosial telah menjadi strategi promosi digital yang lebih luas dan mudah dijangkau. Salah satu media sosial yang sering digunakan oleh pelaku usaha adalah media Instagram. Pemanfaatan Instagram sebagai alat promosi menjadi semakin penting untuk meningkatkan daya tarik Angkringan Ngaglik. Namun, akun Instagram yang dimiliki Angkringan Ngaglik kurang optimal. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi promosi dengan pemanfaatan media sosial Instagram pada Angkringan Ngaglik. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2024. Lokasi penelitian berada di Angkringan Ngaglik yang bertempat di Jalan Musi, Gg. Sokorame, Karangasri, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Metode penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunsksn reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tahap pengelolaan menggunakan siklus penerapan dan target audiens. Angkringan ngaglik merupakan bisnis kuliner yang berpusat di Kabupaten Ngawi yang memiliki konsep “Joglo”. Dalam implementasi strategi promosinya Angkringan Ngaglik di Kabupaten Ngawi ini dilakukan penerapan dalam bentuk siklus yaitu siklus 1 (Maret), siklus 2 (April), dan siklus 3 (Mei). Penerapan siklus 1 memiliki konten berupa profil instagram Angkringan Ngaglik, foto pamflet, kolaborasi dengan influencer, instagram stories, dan postingan makanan dan minuman. Penerapan siklus 2 memiliki konten berupa ucapan selamat Hari Raya Idul fitri dan video pendek tentang suasana angkringan. Penerapan siklus 3 memiliki konten mengupload pamflet live music, membuat instagram stories, membuat sorotan, dan penggunaan hashtag. Berdasarkan hasil dari implementasi yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa target insight jumlah follower, like, jangkauan postingan, serta interaksi telah mencapai peningkatan sesuai target.
English Abstract
The development of the internet and social media has become a broader and more accessible digital promotional strategy. One of the social media platforms frequently utilized by businesses is Instagram. Utilizing Instagram as a promotional tool has become increasingly crucial in enhancing the appeal of Angkringan Ngaglik. However, the Instagram account owned by Angkringan Ngaglik was found to be suboptimal. Therefore, this research aims to investigate the implementation of promotional strategies using Instagram for Angkringan Ngaglik. The research was conducted from March to May 2024 at Angkringan Ngaglik located on Jalan Musi, Gg. Sokorame, Karangasri, Ngawi District, Ngawi Regency, East Java. The research method employed was qualitative descriptive. Data sources included both primary and secondary data. Data collection techniques utilized were interviews, observation, and documentation. Data analysis involved data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Management stages utilized application cycles and targeted audiences. Angkringan Ngaglik is a culinary business centered in Ngawi Regency with a "Joglo" concept. The promotional strategy implementation at Angkringan Ngaglik in Ngawi involved a cyclical approach consisting of Cycle 1 (March), Cycle 2 (April), and Cycle 3 (May). Cycle 1 included content such as the Instagram profile of Angkringan Ngaglik, pamphlet photos, influencer collaborations, Instagram stories, and posts about food and beverages. Cycle 2 included content like Eid greetings and short videos depicting the atmosphere of the angkringan. Cycle 3 featured content including pamphlets for live music events, Instagram stories, highlights, and hashtag usage. Based on the results of the implementation that has been carried out, it is concluded that the target insight of the number of followers, likes, post reach, and interactions has achieved an increase according to the target.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Promosi, Media Sosial, Instagram, Pemasaran Media Sosial-Promotion, Social Media, Instagram, Social Media Marketing |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224536 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
TRISNANDA YUWONO AJI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |