Peranan Human Resources Dalam Meningkatkan Kinerja Trainee Yang Melakukan Program Magang di Novotel Jakarta Cikini

Nabila, Sonia and Muhamad Ziauddin Ulya, SE., MM. (2024) Peranan Human Resources Dalam Meningkatkan Kinerja Trainee Yang Melakukan Program Magang di Novotel Jakarta Cikini. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perhotelan merupakan salah satu bidang yang bergerak pada jasa dan pelayanan. Hotel tidak hanya menawarkan kamar – kamar nya saja namun juga menawarkan makanan dan minuman serta pelayanan yang mereka berikan. Untuk bintangnya sendiri hotel terdiri dari bintang satu hingga lima, semakin besarnya bintang hotel, semakin besar juga sumber daya manusia yang mereka gunakan. Disini manajemen sumber daya atau MSDM berperan penting dalam sebuah perusahaan, terutamanya hotel. Agar tujuan hotel itu sendiri dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan organisasi maka manajemen sumber daya manusia juga berperan dalam proses dan perekrutan yang dilakukan oleh human resources department sendiri. Disini human resources department berperan penting dan menjadi titik awal dalam peneriman SDM di hotel. Salah satunya karyawan trainee yang akan melakukan program magang. Di Novotel Jakarta Cikini mempunyai karyawan trainee berjumlah tiga puluh anak di periode Agustus 2023 – Februari 2024 yang tersebar di sembilan departemen. Dalam tugas akhir ini peneliti meneliti peranan human resources departemen dalam meningkatkan kinerja trainee yang melakukan program magang di Novotel Jakarta Cikini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis data deskriptif, yaitu dengan wawancara narasumber secara langsung di hotel. Pemilihan hotel dikarenakan terdapat karyawan trainee yang melakukan magang di hotel yang peneliti pilih. Sumber data yang didapatkan yaitu wawancara secara langsung dari sumber pertama dari jawaban informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan dengan kegiatan pengamatan dan pencatatan pada objek penelitian serta wawancara langsung kepada narasumber yang tekait. Hasil penelitian yang didapatkan dari hasil wawancara dengan narasumber. Peranan human resources department dan setiap departemen yang karyawan trainee naungi memiliki peran besar dari beberapa aspek tanggung jawab, fungsi – fungsi dan kinerja karyawan itu sendiri. Yaitu mulai dari program rekrutmen yang diadakan human resources department ternyata berpengaruh ke departemen yang menerima karyawan trainee tersebut dan juga fasilitas serta kompensasi yang karyawan trainee dapatkan. Human resources department juga sudah menjalani aspek – aspek tersebut yang diimplementasikan ke karyawan trainee yang melakukan program magang. Dan juga cara meningkatkan kinerja karyawan trainee yaitu dengan diberikan training – training dari departemen terkait dan juga english class yang selenggarakan oleh pihak human resources department. Serta human resources department sudah menempatkan karyawan trainee sesuai dengan jurusan yang mereka ambil. Maka dari hal tersebut dapat meningkatkan kinerja mereka selama mengikuti program magang di Novotel Jakarta Cikini.

English Abstract

The hospitality industry is one of the fields engaged in services. Hotels not only offer their rooms, but also offer food and drinks and the services they provide. For the star itself, the hotel consists of one to five stars. The bigger the hotel star the greater the human resources they use. Human resource management or HRM plays an important role in every company, especially hotels. So that the hotel's and their goals can run well and achieve organizational goals. Human resource management also plays a role in the process and recruitment, carried out by the human resources department itself. Here the human resources department plays an important role and the starting point in the acceptance of HR at the hotel. One of them is trainee employees who will conduct an internship program. Novotel Jakarta Cikini has thirty trainee employees in the period August 2023 - February 2024 who are spread across nine departments. In this final project, the researcher examines the role of the human resources department in improving the performance of trainees who conduct internship programs at Novotel Jakarta Cikini. This research uses qualitative methods with descriptive data types. Namely by interviewing sources directly at the hotel. The hotel was chosen because there were trainee employees who did internships at the hotel the researchers chose. The data source obtained is an interview directly from the first source of the informant's answer. The data collection technique used is carried out by observing and recording activities on the object of research and direct interviews with relevant sources. Research results obtained from interviews with sources. The role of the human resources department and each department that trainee employees oversee, has a big role from several aspects of responsibility, functions and employee performance itself. That is, starting from the recruitment program held by the human resources department, it turns out to affect the department that receives the trainee employees and also the facilities and compensation that trainee employees get. The human resources department has also undergone these aspects which are implemented to trainee employees who conduct internship programs. And also how to improve the performance of trainee employees, namely by being given training from related departments and also english classes organized by the human resources department. And the human resources department has placed trainee employees according to the majors they take. So from this it can improve their performance during the internship program at Novotel Jakarta Cikini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:31
Last Modified: 21 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224461
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sonia Nabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item