Subowo, M. Ugid and Dr. Sujarwo, S.P., M.P. and Dr. Riyanti Isaskar, S.P., M.Si (2024) Pengaruh Pengalaman Belanja Dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen di Toko Buah Bojonegoro. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tanaman buah-buahan lokal Indonesia mempunyai arti penting bagi masyarakat, termasuk mempunyai peranan penting sebagai tanaman yang bernilai ekonomi tinggi. Dengan adanya salah satu manfaat yang diperoleh dari produksi tanaman buah-buahan, dapat mengakibatkan meningkatnya persaingan antar toko buah yang mengharuskan mereka mempunyai berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam dunia bisnis, beberapa toko hanya mempertimbangkan margin keuntungan dan entah bagaimana mereka mengabaikan fakta bahwa mereka sebenarnya perlu memikirkan bagaimana menciptakan pengalaman berbelanja yang positif serta nilai-nilai yang dirasakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yang berujung pada loyalitas pelanggan untuk terus membeli produk atau menggunakan layanan yang disediakan. Aspek-aspek tersebut akan meningkatkan keuntungan toko. Faktor-faktor ini berkontribusi dalam menjaga loyalitas pelanggan untuk berbelanja di toko buah dan mereka akan menyebarkan informasi kepada pembeli lainnya. Kepuasan tersebut kemudian akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kecenderungan untuk meningkatkan loyalitasnya berbelanja serta merekomendasikan orang lain untuk membeli produk dari toko tersebut. Meskipun kepuasan pelanggan, kenyamanan berbelanja, dan nilai yang dirasakan meningkat seperti yang diharapkan, beberapa orang cenderung pergi berbelanja ke tempat lain. Indonesia merupakan negara berkembang, dimana pendapatan nasional sebagian besar disumbangkan oleh sektor pertanian. Khususnya pada sektor pertanian yang turut membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Di sektor pertanian khususnya buah-buahan. Dalam pelaksanaan produksi tanaman buah-buahan, hal ini dapat mengakibatkan meningkatnya persaingan antar toko buah sehingga diperlukan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Persaingan antar pelaku usaha yang semakin ketat membuat setiap perusahaan harus memperhatikan setiap konsumen yang menggunakan atau membeli produknya, perusahaan tidak hanya memikirkan untuk saat ini saja namun juga kedepannya apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Setiap pelaku usaha harus tanggap dalam mengelola usahanya, begitu pula dengan toko buah-buahan karena pada dasarnya konsumen cenderung mempunyai banyak pilihan dalam berbelanja di banyak toko buah lain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengalaman berbelanja dan nilai yang dirasakan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Laskar Buah di Bojonegoro, serta menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung pengalaman berbelanja, nilai yang dirasakan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Laskar. Toko Buah di Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan toko buah xi di Bojonegoro. Sampel penelitian ini terdiri dari pelanggan aktif berbelanja di toko buah yang berjumlah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM)-PLS dengan Variabel Pengalaman Belanja, Persepsi Nilai, Kepuasan Pelangan dan Loyalitas Pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman berbelanja berpengaruh secara signifikan baik secara langsung menuju loyalitas maupun secara tidak langsung ke loyalitas melalui kepuasan pelanggan. Hal ini juga terjadi sama halnya dengan persepsi nilai. Persepsi nilai pada penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nilai tersebut berpengaruh terhadap loyalitas baik langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan pelanggan. Sementara kepuasan pelanggan diindikasikan melalui riset ini berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
English Abstract
Local Indonesian fruit plants have an important meaning for society, including having an important role as plants with high economic value. With one of the benefits obtained from the production of fruit plants, it can result in increased competition between fruit shops which requires them to have various marketing strategies to increase customer loyalty. In the business world, some stores only consider profit margins and somehow they ignore the fact that they actually need to think about how to create a positive shopping experience as well as perceived values to increase customer satisfaction which leads to customer loyalty to continue buying the product or using the service. provided. These aspects will increase store profits. These factors contribute to maintaining customer loyalty to shop at fruit shops and they will spread information to other buyers. This satisfaction will then increase customer trust and the tendency to increase their shopping loyalty and recommend other people to buy products from the shop. Although customer satisfaction, shopping convenience, and perceived value increased as expected, some people tended to shop elsewhere. Indonesia is a developing country, where the majority of national income is contributed by the agricultural sector. Especially in the agricultural sector which helps increase economic growth in Indonesia. In the agricultural sector, especially fruit. In the implementation of fruit production, this can result in increased competition between fruit shops so that various marketing strategies are needed to increase customer loyalty. Increasingly tight competition between business actors means that every company must pay attention to every consumer who uses or buys its products. Companies should not only think about the present but also what consumers need and want in the future. Every business actor must be responsive in managing his business, this is also the case with fruit shops because basically consumers tend to have many choices in shopping at many other fruit shops to fulfill their needs and desires. This research aims to determine and analyze the influence of shopping experience and perceived value on customer satisfaction at the Laskar Buah Shop in Bojonegoro, as well as analyzing the direct and indirect influence of shopping experience, perceived value and customer satisfaction on customer loyalty to Laskar. Fruit Shop in Bojonegoro. This research uses a quantitative descriptive approach with survey methods and data collection techniques through questionnaires distributed to fruit shop customers in Bojonegoro. The research sample consisted of 100 respondents actively shopping at fruit shops. The analysis technique used in this research is Structural Equation Modeling (SEM)-PLS with the variables Shopping Experience, Value Perception, Customer Satisfaction and Customer Loyalty. The research results show that the shopping experience has a significant effect both directly on loyalty and indirectly on loyalty through customer satisfaction. This also happens with the perception of value. Perceived value in this research shows that perceived value influences loyalty both directly and indirectly through customer satisfaction. Meanwhile, customer satisfaction is indicated through this research to have a significant effect on customer loyalty.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042404 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Bioteknologi Agroindustri, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:49 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224452 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
M. Ugid Subowo.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |