Prabawaningtyas, Rahmawati and Dr. Imam Hanafi, S.Sos., M.Si and Rispa Ngindana, ,S.AP., M.AP. (2024) Pengaruh Penggunaan Bimbingan Belajar Daring terhadap Motivasi Belajar dan Kepuasan Siswa SMA di Indonesia (Studi pada Pengguna Aplikasi Ruangguru). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk pendidikan nonformal yang melengkapi proses belajar siswa. Salah satu contoh lembaga bimbingan belajar akademik adalah Ruangguru. Program lembaga bimbingan belajar diharapkan mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meraih hasil belajar yang baik. Penggunaan lembaga bimbingan belajar diharapkan dapat membantu mendorong motivasi belajar, juga dapat mempengaruhi kepuasan siswa sebagai penggunanya. Pada saat kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) dilaksanakan di masa pandemi COVID-19, terdapat kenaikan pengguna Ruangguru hingga 46% di akhir tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh bimbingan belajar daring di Ruangguru terhadap motivasi belajar dan kepuasan siswa SMA di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan beberapa kriteria sehingga menghasilkan 400 sampel siswa SMA di Indonesia yang menggunakan Ruangguru. Pengumpulan data primer melalui kuesioner yang disebarkan secara daring, sementara data sekunder didapatkan dari buku, artikel jurnal, dan lainnya. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi pengolah data SPSS 19. Hasil penelitian membuktikan bimbingan belajar daring di Ruangguru secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan kepuasan siswa SMA di Indonesia.
English Abstract
Tutoring is a form of nonformal education that complements the student learning process. Tutoring programs are expected to increase students' motivation to achieve good learning outcomes. Tutoring programs are also likely to affect student satisfaction as the users. Ruangguru is an example of an academic tutoring institution. When the learning-from-home (BDR) policy was implemented during the COVID-19 pandemic, there was an increase in Ruangguru users of up to 46% by the end of 2020. This study aims to determine and explain the impact of online tutoring on Ruangguru on the learning motivation and satisfaction of high school students in Indonesia. This study uses a quantitative approach with a survey method. The sampling technique is purposive sampling with several criteria, resulting in 400 participants, all high school students in Indonesia who use Ruangguru. Primary data was collected through online questionnaires, while secondary data was obtained from books, journal articles, and so on. The analysis techniques used in this study are descriptive statistics analysis and simple linear regression analysis with the help of the SPSS 19 data processing application. The results of this study prove that online tutoring on Ruangguru partially has a significant impact on the learning motivation and satisfaction of high school students in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030364 |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Kepuasan Siswa-Online Tutoring, Learning Motivation, Student Satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 05:34 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 05:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224361 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahmawati Prabawaningtyas,.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Actions (login required)
View Item |