Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Loyalitas Konsumen sebagai variabel mediasi (Studi Pada Pelanggan Benih Ikan Patin di Gudang Benih Ikan Jombang.

Prasetya, Arden Iqbal and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2024) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Loyalitas Konsumen sebagai variabel mediasi (Studi Pada Pelanggan Benih Ikan Patin di Gudang Benih Ikan Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produksi benih ikan patin di Kabupaten Jombang menunjukkan potensi yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pembudidaya ikan patin sejumlah 2.290 Rumah Tangga Perikanan (RTP) di Kabupaten Jombang, dengan 246 unit di antaranya merupakan usaha pembenihan ikan Salah satu sub sektor perikanan yang dapat menunjang perkembangan ekonomi daerah khususnya Kabupaten Jombang adalah kegiatan budidaya, khususnya pembenihan ikan patin. Salah satu usaha benih ikan patin di Gudang Benih Ikan Jombang terletak di Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Gudang Benih Ikan Jombang masih setara dengan UMKM, meskipun begitu strategi pemasaran mereka sudah lebih modern. Adapun peningkatan keuntungan ini dapat dilihat dari beberapa faktor salah satunya adalah menjaga kualitas produk, kualitas pelayanan konsumen dan brand image. Adanya peningkatan kualitas produk dan layanan serta nilai manfaat dari para pesaing tersebut serta membangun loyalitas konsumen dan menciptakan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh Brand Image terhadap kepuasan konsumen, hubungan antara loyalitas konsumen dalam mediasi hubungan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, hubungan antara loyalitas konsumen dalam memediasi hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, hubungan antara loyalitas konsumen dalam mediasi Brand Image terhadap kepuasan konsumen, dan hubungan antara loyalitas konsumen terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan selama 22 Febuari sampai bulan 15 Maret 2024 di Gudang Benih Ikan Jombang dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini, adapun sampel yang digunakan berjumlah 130 responden yakni konsumen yang pernah membeli benih ikan patin dengan kriteria minimal 17 tahun. Adapun analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan menggunakan WarpPLS SEM Method serta analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan pengaruh Brand Image memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas konsumen. Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan Brand Image memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Loyalitas konsumen sebagai variabel mediasi mampu memutuskan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, Loyalitas konsumen sebagai variabel mediasi mampu memutuskan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, Loyalitas konsumen sebagai variabel mediasi tidak mampu memutuskan Brand Image terhadap kepuasan konsumen, serta Loyalitas konsumen sebagai variabel mediasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.Saran yang diberikan yakni perusahaan harus mampu mempertahankan serta meningkatkan strategi pemasaran dengan pendekatan variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan Brand Image agar Gudang Benih Ikan Jombang lebih dapat memberikan kepuasan konsumen dan menciptakan adanya keputusan pembelian yang berulang dari konsumen yang puas terhadap benih dari Gudang Benih Ikan Jombang ini. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya yakni dengan menggunakan variabel yang berbeda dan memperluas variabel-variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini, serta diharapkan bagi peneliti selanjutnya yakni mengambil sampel yang lebih banyak sehingga data yang diperoleh lebih akurat.

English Abstract

Catfish seed production in Jombang Regency shows significant potential. This is proven by the number of catfish cultivators totaling 2,290 Fishery Households (RTP) in Jombang Regency, of which 246 units are fish hatchery businesses. One of the fisheries sub-sectors that can support regional economic development, especially Jombang Regency, is cultivation activities, especially fish hatcheries. catfish. One of the catfish seed businesses at the Jombang Fish Seed Warehouse is located in Bandung Village, Diwek District, Jombang Regency, East Java Province. Jombang Fish Seed Warehouse is still equivalent to MSMEs, even though their marketing strategy is more modern. This increase in profits can be seen from several factors, one of which is maintaining product quality, customer service quality and brand image. There is an increase in the quality of products and services as well as the value of benefits from these competitors as well as building consumer loyalty and creating consumer satisfaction. This research aims to determine the effect of product quality on consumer satisfaction, service quality on consumer satisfaction, the effect of Brand Image on consumer satisfaction, the relationship between consumer loyalty in mediating the relationship between product quality and consumer satisfaction, the relationship between consumer loyalty in mediating the relationship between service quality and consumer satisfaction, the relationship between consumer loyalty in the mediation of Brand Image and consumer satisfaction, and the relationship between consumer loyalty and consumer satisfaction. This research was conducted from 22 February to 15 March 2024 at the Jombang Fish Seed Warehouse using a quantitative descriptive approach. In this research, the sample used was 130 respondents, namely consumers who had purchased catfish seeds with a minimum criteria of 17 years. The data analysis used in this research is using the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis. The research results obtained show that product quality, service quality, and the influence of Brand Image have a significant influence on consumer loyalty. Product quality, service quality and brand image have a significant influence on consumer satisfaction. Consumer loyalty as a mediating variable is able to decide product quality on consumer satisfaction, consumer loyalty as a mediating variable is able to decide service quality on consumer satisfaction, consumer loyalty as a mediating variable is not able to decide brand image on consumer satisfaction, and consumer loyalty as a mediating variable has a significant influence on consumer satisfaction. The advice given is that the company must be able to maintain and improve its marketing strategy with a variable approach to product quality, service quality and brand image so that the Jombang Fish Seed Gudang can provide more consumer satisfaction and create repeat purchasing decisions from consumers who are satisfied with seeds from the Seed Gudang. This Jombang fish. The suggestion for future researchers is to use different variables and expand other variables that are not included in this research, and it is hoped that future researchers will take more samples so that the data obtained is mor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052408
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:27
Last Modified: 19 Aug 2024 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224281
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ARDEN IQBAL PRASETYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item