Evaluasi Pembelajaran Peserta Didik Melalui Computer Based Test (CBT) (Studi tentang Tahapan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Menggunakan CBT di SMA Brawijaya Smart School Kota Malang)

Nurmawati, Lisna Alif and Dr. Ainul Hayat, S.Pd,M.Si and Erlita Cahyasari, S.AP.,M.AP (2024) Evaluasi Pembelajaran Peserta Didik Melalui Computer Based Test (CBT) (Studi tentang Tahapan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Menggunakan CBT di SMA Brawijaya Smart School Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tahapan prosedur evaluasi serta faktor pendukung dan faktor penghambat pada tahapan prosedur evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) di SMA Brawijaya Smart School Kota Malang. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini melibatkan tenaga ahli IT, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, tenaga pendidik, peserta didik serta dokumen pendukung dari sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, SMA Brawijaya Smart School Kota Malang melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan 6 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, monitoring pelaksanaan, pengolahan data, pelaporan hasil, dan penggunaan hasil evaluasi. Dalam pelaksanaan pembuatan soal ujian memerlukan validasi dari pihak kurikulum dan kepala sekolah. Semua tahapan prosedur menggunakan metode berbasis komputer dan meminimalisir penggunaan kertas dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Adapun faktor pendorong dan penghambat pada tahapan prosedur evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) di SMA Brawijaya Smart School Kota Malang. Faktor pendukung meliputi ketersediaan fasilitas yang memadai, adanya pelatihan kompetensi IT bagi tenaga pendidik, serta dukungan dari eksternal sekolah. Hal ini memperkuat kesiapan sekolah dalam menghadapi kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis komputer. Adapun faktor penghambat yang ditemukan meliputi pembagian tugas pengawas ujian yang kurang sesuai, peserta didik yang tidak mematuhi tata tertib, ketergantungan dengan server luar hingga pengadaan genset yang terkendala.

English Abstract

This research aims to describe and analyze the step of learning evaluation procedures as well as the supporting and inhibiting factors at the step of learning evaluation procedures using Computer Based Tests (CBT) at SMA Brawijaya Smart School, Malang. This type of research uses qualitative descriptive research. The data sources for this study involve : IT experts, the vice principal of the curriculum, teachers, some students, and supporting documents from the school. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study, SMA Brawijaya Smart School Malang conducts learning evaluations in six stages: planning, implementation, monitoring implementation, data processing, reporting results, and using evaluation results. In the process of creating exam questions, validation from the curriculum department and the principal is required. All steps of the procedure use computer-based methods and they minimize the use of paper in the learning evaluation process. The supporting and inhibiting factors in the step of the learning evaluation procedures using Computer Based Test (CBT) at SMA Brawijaya Smart School Malang include supporting factors: having good facilities, IT competency training for teachers, and external support for the school. These factors strengthen the school's readiness to face the challenges of implementing computer-based learning evaluations. The inhibiting factors: Inappropriate allocation of exam supervisor duties, students not adhering to the rules, dependence on external servers, and difficulties in procuring generators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030330
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Computer Based Test, Tahapan Evaluasi-Learning Evaluation, Computer Based Test, Evaluation Procedures
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:53
Last Modified: 17 Sep 2024 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224226
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lisna Alif Nurmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item