Pengaruh Kelompok Referensi dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran O’seafood, Kota Kediri, Jawa Timur

Marpaung, Yusril Mahendra and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi., MBA., MP. (2024) Pengaruh Kelompok Referensi dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran O’seafood, Kota Kediri, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Restoran O’seafood merupakan restoran di Kota Kediri yang menyajikan masakan makanan laut sebagai menu utamanya. Restoran ini merupakan salah satu pelopor restoran olahan seafood di Kota Kediri, khususnya rumah makan yang menawarkan Louisiana Style. Louisiana Style merupakan cara makan yang menggunakan tangan dengan variasi makanan diletakkan di meja dengan alas kertas laminasi khusus untuk makanan sehingga tidak banyak diperlukannya piring saji.Namun semakin modernnya zaman, terjadi perkembangan industri restoran dan banyaknya restoran yang sejenis. Terdapat beberapa restoran makanan olahan laut telah didirikan oleh beberapa kompetitor. Beberapa kompetitor tersebut memunculkan berbagai macam makanan dan konsep yang lebih menarik. Hal ini tentu dapat menjadi ancaman bagi Restoran O’seafood, dimana usaha ini sudah menjadi pelopor restoran pertama makanan olahan hasil laut. Menurut data BPS Kota Kediri dalam Angka Tahun 2022, disebutkan bahwa perkembangan industri restoran di industri kuliner di Kota Kediri yang saat ini sudah mencapai 155 unit restoran. Fenomena ini menuntut pelaku usaha untuk terus meningkatkan daya saing dari produknya agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas dan mampu bertahan dalam jangka panjang. Persaingan yang semakin kompetitif membuat beberapa perusahaan terus berusaha memberikan inovasi dan mencoba menguatkan promosi restoran sehingga bisa tetap dikenal konsumennya. Peningkatan informasi kelompok referensi dan kualitas pelayanan juga akan berdampak pada konsumen terhadap restoran tersebut. Sehingga konsumen dapat memiliki minat lebih untuk membeli serta meningkatkan keputusan pembeliandi restoran produk tersebut. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh kelompok referensi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, kelompok referensi dan kualitas pelayanan terhadap efektivitas instagram, peran efektivitas instagram memediasi hubungan kualitas pelayanan dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh efektivitas instagram terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilaksanakan selama Februari – Maret 2024 di Restoran O’seafood Kota Kediri dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 112 orang yang pernah melakukan pembelian minimal 1 kali dari tahun 2023 hingga sekarang dengan kriteria minimal 18 tahun. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan WarpPLS SEM Method serta analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kelompok referensi dan kualitas pelayanan mampu untuk menarik konsumen dalam memutuskan pembelian dan efektivitas instagram pada Restoran O’seafood secara langsung. Selain itu, peran mediasi efektivitas instagram juga dibutuhkan kelompok referensi dan kualitas pelayanan untuk terjadinya keputusan pembelian di Restoran O’seafood. Efektivitas Instagram dapat mendorong keputusan pembelian konsumen

English Abstract

O'seafood Restaurant is a restaurant in Kediri City that serves seafood as its main menu. This restaurant is one of the pioneers of seafood restaurants in Kediri City, especially restaurants that offer Louisiana Style. Louisiana Style is a way of eating using your hands with a variety of foods placed on a table with special laminated paper for food so that you don't need many serving plates. However, as times become more modern, the restaurant industry has developed and there are many similar restaurants. There are several seafood restaurants that have been established by several competitors. Some of these competitors come up with various kinds of food and more interesting concepts. This can certainly be a threat to the O'seafood Restaurant, where this business has become the pioneer of the first restaurant for processed seafood. According to BPS data from Kediri City in Figures for 2022, it is stated that the development of the restaurant industry in the culinary industry in Kediri City has currently reached 155 restaurant units. This phenomenon requires business actors to continue to increase the competitiveness of their products so that they are better known by the wider community and are able to survive in the long term. Increasingly competitive competition has made several companies continue to try to provide innovation and try to strengthen restaurant promotions so that they can remain well known to consumers. Increasing reference group information and service quality will also have an impact on consumers towards the restaurant. So that consumers can have more interest in buying and increase purchasing decisions at restaurants for these products. This research aims to determine the influence of reference groups and service quality on purchasing decisions, reference groups and service quality on Instagram effectiveness, the role of Instagram effectiveness in mediating the relationship between service quality and reference groups on purchasing decisions, and the influence of Instagram effectiveness on purchasing decisions. This research was carried out during February - March 2024 at the O'seafood Restaurant in Kediri City using a quantitative descriptive approach. The sample used in this research was 112 people who had made a purchase at least once from 2023 until now with a minimum criteria of 18 years. The data analysis used was using the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis. The results of this research show that reference groups and service quality are able to attract consumers in making purchasing decisions and the effectiveness of Instagram at O'seafood Restaurant directly. Apart from that, the mediating role of Instagram's effectiveness is also needed by reference groups and service quality to make purchasing decisions at Restoran O'seafood

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052408
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:17
Last Modified: 16 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224217
[thumbnail of Yusril Mahendra Marpaung.pdf] Text
Yusril Mahendra Marpaung.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yusril Mahendra Marpaung.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item