Kegiatan Knowledge Sharing Antar Pengajar di Lingkungan Pendidikan Non-Formal (Studi pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Mahesa Institute Pare)

Jingga, Jo Ananda Safira and Dr. Farida Nurani, S.Sos., M.Si, and Nurjati Widodo, S.AP.,M.AP (2024) Kegiatan Knowledge Sharing Antar Pengajar di Lingkungan Pendidikan Non-Formal (Studi pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Mahesa Institute Pare). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengetahuan merupakan sumber daya yang vital bagi suatu individu maupun organisasi. Hal ini dikarenakan pengetahuan dapat dimanfaatkan dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah untuk meningkatkan wawasan serta pemahaman. Pengetahuan tacit yang berada di dalam pikiran manusia dan masih bersifat abstrak dapat diubah dan dibagikan menjadi pengetahuan explicit melalui proses eksternalisasi. Dengan adanya pengetahuan yang dapat berubah inilah, individu dapat menyebarluaskan pengetahuan yang dimilikinya. Interaksi berbagi pengetahuan antar individu satu dengan individu lainnya sehingga memunculkan pemahaman baru bisa dikenal sebagai knowledge sharing. Salah satu lembaga yang tidak bisa lepas dari knowledge sharing adalah lembaga pendidikan. Peneliti mengambil tempat penelitian di Mahesa Institute Pare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, serta menganalisis pelaksanaan kegiatan knowledge sharing antar pengajar di lembaga kursus Bahasa Inggris Mahesa Institute Pare beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sudah terdapat beberapa kegiatan knowledge sharing yang dilakukan. Namun, masih ada beberapa hambatan dalam penerapannya, yaitu motivasi diri dan kendala teknis dari teknologi yang digunakan.

English Abstract

Knowledge are a vital resource for an individual or an organization. Due to knowledge being utilized in all aspects of human life. One of those are to increase insight and understanding. Tacit knowledge in humans’ mind and are still in an abstract form can be changed and shared into explicit knowledge through the process of externalization. With this knowledge that are able to change, individuals can disseminate their own knowledge. Interaction by sharing knowledge between individuals that can forms new understanding is known as knowledge sharing. One of the institution that can’t be separated from knowledge sharing is education institution. The research is located in Mahesa Institute Pare. This research aims to discover, describe, and analyze the practice of knowledge sharing between tutors in English course institution Mahesa Institute Pare and also its supporting and hindering factors. Research method used in this study are descriptive with qualitative approach. Data analysis method used in this research are Miles, Huberman, and Saldana. Study results shown that there are a few knowledge sharing activity. However, there are hindering factors in its implementation, which are self-motivation and technical difficulties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030321
Uncontrolled Keywords: Knowledge Sharing, Lembaga Pendidikan Non-Formal, Tutor
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:49
Last Modified: 17 Sep 2024 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224184
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jo Ananda Safira Jingga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item