Azizah, Maulidatul and Ns. Ikhda Ulya, S.Kep, M.Kep (2024) Pengalaman Pasien Dalam Menjalani Perawatan Trauma Di IGD RSUD Bangil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu kondisi pasien datang ke IGD adalah kasus trauma. Pada kasus trauma memerlukan penanganan yang tepat untuk mengurangi mortalitas dan morbiditas jangka pendek maupun jangka panjang. Pemahaman tentang pengalaman dan emosi pasien di IGD memiliki keterkaitan dengan cara tim trauma berinteraksi dengan pasien dan meningkatkan peluang untuk memperkuat perawatan serta menciptakan tantangan akan hal-hal yang dapat ditingkatkan. Penelitian mengenai pengalaman pasien dalam perawatan di IGD rumah sakit di Indonesia masih belum banyak dilakukan. Pada hakikatnya pengalaman pasien juga membantu sebagai upaya peningkatan dan pengembangan perawatan trauma yang berkualitas tinggi pada pelayanan kesehatan di IGD. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman pasien akibat trauma di IGD RSUD Bangil selama mendapatkan perawatan atau penanganan trauma. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif dengan pendekatan fenomenology dengan metode wawancara mendalam (indepth interview). Hasil dalam penelitian ini didapatkan beberapa tema pengalaman pasien selama mendapatkan penanganan perawatan trauma di IGD RSUD Bangil antara lain: merasa khawatir namun bersyukur, komunikasi tidak efektif, tenaga kesehatan yang kompeten, lingkungan yang nyaman, dan harapan tindakan lebih cepat. Dapat disimpulkan bahwa pasien pada kondisi trauma setelah mendapatkan penanganan di IGD RSUD Bangil secara keseluruhan menyatakan telah mendapatkan penanganan dengan baik oleh tim trauma atau petugas kesehatan. Namun, tetap terdapat beberapa hal yang perlu untuk ditingkatkan berkaitan dengan kepuasan pasien, antara lain dapat ditangani dengan lebih cepat dan akurat. Kedua hal tersebut berkaitan dengan tindakan penanganan yang diharapkan lebih cepat lebih baik dan akses informasi yang jelas atau akurat secara keseluruhan sangat diperlukan oleh pasien. Beberapa catatan tersebut dapat dijadikan masukan dalam peningkatan kualitas pelayanan di IGD RSUD Bangil.
English Abstract
One of the conditions in which patients come to the emergency room is trauma. Trauma cases require appropriate treatment to reduce short and long-term mortality and morbidity. Understanding the experiences and emotions of patients in the ED has a bearing on how trauma teams interact with patients and increase opportunities to strengthen care and create challenges for things that can be improved. There has not been much research on the patient experience of care in hospital emergency departments in Indonesia. In essence, the patient experience also helps as an effort to improve and develop high-quality trauma care in health services in the emergency room. The purpose of this study was to determine the experience of patients due to trauma in the emergency room of Bangil Hospital during treatment or trauma treatment. This study uses a qualitative method with a phenomenology approach with an in-depth interview method. The results in this study obtained several themes of the patient's experience during trauma care treatment in the emergency room of Bangil Hospital, including feeling worried but grateful, ineffective communication, competent health workers, environmental comfort, and hope for faster action. It can be concluded that patients in traumatized conditions after receiving treatment at the Bangil Hospital emergency room overall stated that they had received good treatment from the trauma team or health workers. However, there are still some things that need to be improved related to patient satisfaction, including being able to be treated more quickly and accurately. Both of these relate to handling actions that are expected to be faster the better and access to clear or accurate information as patients need a whole. Some of these notes can be used as input in improving the quality of service in the emergency room at Bangil Hospital.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Uncontrolled Keywords: | pengalaman pasien, perawatan trauma, instalasi gawat darurat (IGD)- patient experience, trauma care, emergency department (ED) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Keperawatan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 08:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224127 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Maulidatul Azizah.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |