Nurfairudz DA, Ganiera Putri Bara Banuas and Dr. Ns. Retno Lestari, S.Kep., M.Nurs and Ns. Evi Harwiati Ningrum, S.Kep., MHSM (2024) Pengaruh Expressive Art Therapy Terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Pembelajaran Digital Pada Remaja SMA Negeri 1 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masa remaja yang merupakan masa transisi antara masa anak-anak ke masa dewasa dan sangat rentan terhadap kelabilan emosi yang tidak terkontrol sehingga dapat mengakibatkan gangguan mental, salah satunya adalah kecemasan. Dalam menghadapi kondisi ini, expressive art therapy sebagai pendekatan baru untuk terapi kecemasan yang memanfaatkan proses seni dan kreativitas sebagai media untuk mengungkapkan perasaan dan emosi dari seorang individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh expressive art therapy terhadap pengaruh tingkat kecemasan akibat pembelajaran digital pada remaja di SMA Negeri 1 Kota Malang. Metode penelitian ini adalah desain pre-eksperimental dengan tipe one group pre-post test design. Responden penelitian ini terdiri dari 127 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan adalah Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Tingkat kecemasan sebelum dilakukan expressive art therapy (16.28+5.712), sedangkan tingkat kecemasan sesudah dilakukan expressive art therapy menunjukkan penurunan (12.23+5.629). Uji statistik menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai p-value 0.000 yang artinya terdapat pengaruh expressive art therapy terhadap tingkat kecemasan remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa expressive art therapy secara signifikan dapat mengurangi kecemasan. Sehingga terapi ini dapat dipertimbangkan sebagai strategi pencegahan masalah kecemasan remaja.
English Abstract
Adolescence is a transition period between childhood and aulthood which is very vulnerable to uncontrolled emotional instability that can lead to mental disorders, one of which is anxiety. In addressing this condition, expressive art therapy is a new approach to anxiety therapy that utilizes the process of art and creativity as a medium to express the feelings and emotions of an individual. This study aims to analyze the effect of anxiety levels due to digital learning on adolescents at SMA Negeri 1 Malang City. This research method is a preexperimental design with one group pre-post test design. The respondents of this study consisted of 127 11th grade stuents at SMA Negeri 1 Malang City. The instrument used to measure anxiety level is Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). The anxiety level before expressive art therapy (16.28+5.712), while the anxiety level after expressive art therapy showed a decrease (12.23+5.629). Statistical tests using paired sample t-test show that the p-value is 0.000 which means that there is an effect of expressive art therapy on adolescent anxiety levels. The results of this study indicate that expressive art therapy can significantly reduce anxiety. So this therapy can be considered as a prevention strategy for adolescent anxiety problems.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Pembelajaran Digital, Kecemasan, Expressive Art Therapy- Adolescents, Digital Learning, Anxiety, Expressive Art Therapy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:00 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 08:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224099 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ganiera Putri Bara Banuas Nurfairudz DA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |