Musayadah, Dinda Iqlima and Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J. (2024) Penerapan Expressive Writing dalam Mengelola Ansietas pada Remaja di Wilayah Puskesmas Bululawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Remaja adalah individu yang sedang dalam transisi perubahan baik dari segi fisik, psikis, dan emosi. Perubahan emosional pada remaja salah satunya adalah ansietas. Solusi untuk mengurangi kecemasan salah satu diantaranya adalah dengan terapi expressive writing. Terapi expressive writing secara tidak langsung mampu membangun kesehatan fisik dan psikis yang lebih kuat. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan klien remaja yang sedang mengalami ansietas. Gejala cemas yang dirasakan antara lain, cemas dan takut tak beralasan, gugup, sakit kepala, dan sulit tidur. Klien diberikan intervensi keperawatan terapi expressive writing untuk mengurangi tingkat ansietas. Berdasarkan hasil intervensi keperawatan yang telah diberikan terdapat penurunan skala skor tingkat ansietas pada klien. Dengan demikian disimpulkan bahwa asuhan keperawatan jiwa pada klien dengan ansietas dapat teratasi dengan baik. Hasil karya ilmiah ini dapat dijadikan masukan untuk puskesmas terkait pemantauan skrining perkembangan remaja dan melatih keluarga untuk membangun hubungan serta komunikasi yang baik pada anak.
English Abstract
Adolescents are individuals who are in transition to change both in terms of physical, psychological, and emotional. One of the emotional changes in adolescents is anxiety. One solution to reduce anxiety is expressive writing therapy. Expressive writing therapy is indirectly able to build stronger physical and psychological health. This research method uses a case study method with adolescent clients who are experiencing anxiety. Symptoms of anxiety felt include unreasonable anxiety and fear, nervousness, headaches, and difficulty sleeping. Clients are given expressive writing therapy nursing interventions to reduce the level of anxiety. Based on the results of nursing interventions that have been given there is a decrease in the scale score of the level of anxiety in the client. Thus it is concluded that mental nursing care for clients with anxiety can be resolved properly. The results of this scientific work can be used as input for health centers related to monitoring adolescent development screening and training families to build relationships and good communication with children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Ansietas, Menulis Ekspresif-Adolescent, Anxiety, Expressive Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Keperawatan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 06:24 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 06:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224035 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dinda Iqlima Musayadah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |