Pengaruh Digital Content Marketing Terhadap Minat Berkunjung Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening (Survey Pada Viewers Video Content Tiktok Backpacker Tampan ‘Paisupok Lake Luwuk Banggai, Indonesia’)

Dewi, Aulia Sara and Dr. Sunarti, S.Sos., M.AB and Sukmawati Nur S, S.S., M.Sc. (2024) Pengaruh Digital Content Marketing Terhadap Minat Berkunjung Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening (Survey Pada Viewers Video Content Tiktok Backpacker Tampan ‘Paisupok Lake Luwuk Banggai, Indonesia’). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Digital content marketing merupakan salah satu bentuk perubahan pada dunia marketing akibat meningkatnya pengguna media sosial. TikTok merupakan platform yang sedang marak digunakan untuk mempromosikan destinasi wisata. Salah satu contohnya adalah video content TikTok yang dibuat oleh akun Backpackertampan dengan judul ‘Paisupok Lake Luwuk Banggai, Indonesia’. Video content tersebut telah ditonton lebih dari 3 juta kali dan mendapatkan banyak komentar positif dari para pengguna TikTok. Hal ini menunjukkan bahwa TikTok dapat menjadi platform yang efektif untuk menarik minat wisatawan untuk mengunjungi suatu destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh digital content marketing terhadap customer engagemnet. (2) Pengaruh digital content marketing terhadap minat berkunjung. (3) Pengaruh customer engagement terhadap minat berkunjung. (4) Pengaruh digital content marketing terhadap minat berkunjung melalui customer engagement sebagai variabel intervening. Penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer berasal dari kuesioner melalui googleforms (https://bit.ly/KuesionerPenelitianSara). Kuesioner ini dibagikan secara daring. Populasi dalam penelitian ini adalah seseorang dengan usia minimal 17 tahun, viewers video content TikTok Backpackertampan ‘Paisupok Lake Luwuk Banggai, Indonesia’ dan belum pernah berkunjung ke Danau Paisupok, Luwuk Banggai. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan purposive sampling dengan 115 orang responden berdasarkan perhitungan Machin dan Campbell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital content marketing memiliki pengaruh langsung signifikan terhadap customer engagemnet. Digital content marketing memiliki pengaruh langsung signifikan terhadap minat berkunjung. customer engagemnet memiliki pengaruh langsung signifikan terhadap minat berkunjung. Digital content marketing memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap minat berkunjung melalui customer engagemnet sebagai variabel intervening

English Abstract

Digital content marketing represents a shift in the marketing due to the increasing use of social media. TikTok is a platform that is widely used to promote tourist destinations. One example is a TikTok video created by the account Backpackertampan titled "Paisupok Lake Luwuk Banggai, Indonesia." This video has been viewed more than 3 million times and has received numerous positive comments from TikTok users. This indicates that TikTok can be an effective platform for attracting tourists to visit a destination. This study aims to determine (1) the influence of digital content marketing on customer engagement, (2) the influence of digital content marketing on visit intention, (3) the influence of customer engagement on visit intention, and (4) the influence of digital content marketing on visit intention through customer engagement as an intervening variable. This research adopts a quantitative approach using primary data collected from a questionnaire via Google Forms (https://bit.ly/KuesionerPenelitianSara). The questionnaire was distributed online. The population in this study includes individuals aged 17 and above who have viewed the TikTok video "Paisupok Lake Luwuk Banggai, Indonesia" by Backpackertampan and have not yet visited Paisupok Lake, Luwuk Banggai. The sample for this study was selected using purposive sampling, with 115 respondents based on Machin and Campbell's calculation. The results of the study show that digital content marketing has a significant direct influence on customer engagement. Digital content marketing also has a significant direct influence on visit intention. Customer engagement has a significant direct influence on visit intention. Additionally, digital content marketing has a significant indirect influence on visit intention through customer engagement as an intervening variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030338
Uncontrolled Keywords: digital content marketing, customer engagement, minat berkunjung, TikTok, Danau Paisupok
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Aug 2024 05:54
Last Modified: 30 Aug 2024 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224033
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aulia Sara Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item