Chaerul, Yasmin Refani and Prof. Iwan Triyuwono, SE., Ak., M.Ec., Ph.D (2024) Perilaku Mental Accounting Dalam Keputusan Pembelian Transaksi Mikro Pemain Online Game Bersistem Gacha. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mental accounting sebagai kerangka pikir manajemen keuangan pada pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemain online game dalam melakukan transaksi mikro. Studi ini menganalisis beberapa variabel mental accounting yang meliputi framing effect, specific account, self-control, dan self-report pada keputusan pemain permainan gacha dalam pembelian in-game. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teori mental accounting. Teknik pengambilan data dilakukan dengan survei dengan menyebarkan kuesioner online kepada kelompok pemain Genshin Impact yang tergabung dalam kanal Discord. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 136 dengan kriteria pemain aktif Genshin Impact yang telah bermain lebih dari satu bulan. Metode pengolahan data yang dipilih adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa purchase decision dipengaruhi secara positif oleh specific account, self-control, dan self-report sedangkan framing effect tidak memberikan pengaruh signifikan
English Abstract
This study aims to examine the effect of mental accounting as a financial management framework on decision-making made by online game players in microtransactions. This study analyzes mental accounting variables including framing effect, specific account, self-control, and self-report on gacha game players' decisions in in-game purchases, based on a quantitative approach and mental accounting theory. The samples include 136 respondents of active Genshin Impact players who had been playing for more than one month, collected through online questionnaires distributed to groups of Genshin Impact players on Discord. The data are analyzed by Structural Equation Modeling (SEM) with Partial Least Square (PLS), and the results exhibit that specific accounts, self-control, and self-report positively affect purchase decisions whilst the framing effect does not have a significant effect.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052402 |
Uncontrolled Keywords: | mental accounting, framing effect, specific account, self-control, selfreport, purchase decision |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 05:53 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 05:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224015 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yasmin Refani Chaerul.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |