Lestari, Wiharti Ayu and Ns. Renny Nova, S.Kep., M.Kep., Sp.J (2024) Studi Kasus: Terapi Kelompok Terapeutik Untuk Meningkatkan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Anak usia sekolah digolongkan pada rentang usia 6-12 tahun dengan tahap perkembangan fase industri. Pada fase industri terdapat karakteristik yang terdiri dari 8 aspek perkembangan meliputi aspek motorik, kognitif, bahasa, kepribadian, moral, spiritual, dan psikososial. Pentingnya untuk mencapai aspek perkembangan tersebut, karena apabila anak tidak mencapai 8 aspek perkembangan pada tahap industri anak akan menjadi tidak percaya diri atau disebut dengan inferiority. Untuk membantu anak mencapai 8 aspek perkembangan itu adalah dengan stimulasi, salah satunya adalah Terapi Kelompok Terapeutik (TKT). Tujuan Karya Ilmiah Akhir ini adalah untuk meningkatkan perkembangan psikososial pada anak usia sekolah melalui terapi kelompok terapeutik. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kemampuan fase industri pada anak usia sekolah murid kelas VI MI Nurul Huda. Rekomendasi dari pelaksanaan terapi kelompok terapeutik ini yaitu dilakukan dengan melibatkan orangtua dan guru atau kader jiwa sebagai caregiver dalam pelaksanaan stimulasi fase industri anak usia sekolah.
English Abstract
School age children are classified in the age range of 6-12 years with an industrial phase of development. In the industrial phase there are characteristics consisting of 8 aspects of development including motor, cognitive, language, personality, moral, spiritual and psychosocial aspects. It is important to achieve these aspects of development, because if children do not achieve the 8 aspects of development at the industrial stage, children will become less confident or what is called inferiority. To help children achieve these 8 aspects of development is through stimulation, one of which is Therapeutic Group Therapy (TKT). The aim of this Final Scientific Work is to improve psychosocial development in school-aged children through therapeutic group therapy. The results show an increase in industrial phase abilities in school-age children in class VI at MI Nurul Huda. The recommendation for implementing this therapeutic group therapy is that it is carried out by involving parents and teachers or mental health cadres as caregivers in implementing the industrial phase stimulation for school-aged children
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Uncontrolled Keywords: | Terapi Kelompok Terapeuik, Anak Usia Sekolah, Perkembangan Psikososial-Therapeutic Group Therapy, School Age, Psychosocial Development |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Keperawatan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 02:59 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223995 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wiharti Ayu Lestari.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |