Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres pada Siswa SMP Nabawi Maftahul Uluum

Salsabila, Alfina Putri and Dr. Ns. Lilik Suprati, S.Kep., M.Kep, and Ns. Muhammad Sunarto, M.Kep., Sp.Kep.J. (2024) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres pada Siswa SMP Nabawi Maftahul Uluum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah kompleks yang dihadapi siswa dalam lingkup pendidikan membuat rentan mengalami stres sehingga diperlukan faktor pelindung yaitu dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan stres pada siswa SMP Nabawi Maftahul Uluum. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Responden penelitian terdiri dari 139 siswa SMP Nabawi Maftahul Uluum. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability dengan stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Student-Life Stress Inventory (SLSI) yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan dimodifikasi. Uji hubungan dua variabel menggunakan uji Spearman Rank dengan p-value 0,05. Hasil penelitian menunjukkan dukungan sosial teman sebaya kategori tinggi sebanyak 70 siswa (50,4%) dan untuk tingkat stres kategori sedang sebanyak 67 siswa (48,2%). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres menunjukkan hubungan signifikan yang kuat ke arah negatif dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,662 dan p-value 0,000. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres pada siswa. Oleh karena itu program-program peningkatan dukungan sosial teman sebaya dapat menjadi strategi penting untuk mengurangi stres siswa.

English Abstract

The complex problems faced by students in the scope of education make them vulnerable to stress so that protective factors are needed, namely peer social support. This study aims to analyze the relationship between peer social support and stress in Nabawi Maftahul Uluum Junior High School students. This research design is quantitative correlation with a cross-sectional approach. Research respondents consisted of 139 Nabawi Maftahul Uluum junior high school students. The sampling technique used was probability technique with stratified random sampling. The research instruments used were the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) questionnaire and the Student-Life Stress Inventory (SLSI) which had been translated into Indonesian and modified. Test the relationship between two variables using the Spearman Rank test with a p-value of 0.05. The results showed high category peer social support as many as 70 students (50.4%) and for moderate category stress levels as many as 67 students (48.2%). Peer social support with stress shows a strong significant relationship in the negative direction with a correlation coefficient of -0.662 and a p-value of 0.000. Based on the results of the study, it can be concluded that there is a relationship between peer social support and stress in students. Therefore, programs to increase peer social support can be an important strategy to reduce student stress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052416
Uncontrolled Keywords: stres, dukungan sosial, dukungan sosial teman sebaya-stres, dukungan sosial, dukungan sosial teman sebaya
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:24
Last Modified: 19 Jul 2024 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223968
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alfina Putri Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item