Pengaruh Scarcity Messages dan Customer Perceived Value terhadap Impulse Buying (Survei Online pada Mahasiswa FIA Universitas Brawijaya yang Pernah Melakukan Belanja Online di Media Sosial)

Pramudita, Afisya Ainun and Dr. Drs. Edy Yulianto, MP (2024) Pengaruh Scarcity Messages dan Customer Perceived Value terhadap Impulse Buying (Survei Online pada Mahasiswa FIA Universitas Brawijaya yang Pernah Melakukan Belanja Online di Media Sosial). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi yang diiringi dengan perubahan perilaku konsumen Indonesia yang cenderung konsumtif membuat para pelaku bisnis atau pemasar harus mampu memanfaatkan kondisi tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan penentuan strategi pemasaran yang tepat dan penciptaan nilai dari suatu produk guna menarik lebih banyak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Scarcity Messages dan Customer Perceived Value baik secara parsial maupun simultan terhadap Impulse Buying. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan kepada mahasiswa FIA Universitas Brawijaya yang pernah melakukan pembelian tidak terencana (impulse buying) di media sosial dengan jumlah sampel sebanyak 116 responden. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner online dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS for Windows ver 26 sebagai alat analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Scarcity Messages yang diterapkan dan Customer Perceived Value yang diciptakan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Impulse Buying yang terdapat pada mahasiswa FIA Universitas Brawijaya. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah konsumen akan tertarik terhadap produk-produk langka atau eksklusif yang mempunyai nilai dan manfaat bagi mereka. Semakin langka dan bernilai suatu produk, maka perilaku impulse buying akan semakin meningkat.

English Abstract

The rapid development of technology accompanied by changes in the behavior of Indonesian consumers who tend to be consumptive means that business people or marketers must be able to take advantage of these conditions. This can be done by determining the right marketing strategy and creating value from a product to attract more consumers. The purpose of this research is to determine and explain the influence of Scarcity Messages and Customer Perceived Value both partially and simultaneously on Impulse Buying. The purpose of this research is to determine and explain the influence of Scarcity Messages and Customer Perceived Value both partially and simultaneously on Impulse Buying. The type of research used is explanatory research through quantitative approach. The research was conducted on FIA Brawijaya University students who had made unplanned purchases (impulse buying) on social media with a sample size of 116 respondents. Data collection was obtained through an online questionnaire with the sampling technique used was purposive sampling. The data analysis used in this research is descriptive analysis and multiple linear regression analysis using SPSS for Windows ver 26 as an analysis tool. The results of this research show that the Scarcity Messages applied and the Customer Perceived Value created have a partial and simultaneous effect on Impulse Buying among FIA Brawijaya University students. The conclusion obtained from this research is that consumers will be interested in rare or exclusive products that have value and benefits for them. The rarer and more valuable a product is, the more impulse buying behavior will increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030319
Uncontrolled Keywords: Scarcity Messages, Customer Perceived Value, Impulse Buying
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Aug 2024 05:58
Last Modified: 30 Aug 2024 05:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223960
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afisya Ainun Pramudita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item