Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Attitude Terhadap Purchase Intention kendaraan listrik roda dua (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Afif, Aditya and Dr. Drs. Riyadi, MSi. (2024) Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Attitude Terhadap Purchase Intention kendaraan listrik roda dua (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan kebutuhan akan transportasi di Indonesia terus meningkat. Perkembangan ini otomatis akan meningkatkan polusi udara dari pembuangan bahan bakar bensin, kendaraan listrik (EV) yang muncul sebagai inovasi ramah lingkungan, Dalam konteks ini, motor dan sepeda listrik adalah dua bentuk transportasi yang semakin mendapatkan perhatian karena mobilitas yang lebih efisien dan berkelanjutan, terutama dalam lingkungan Kota Malang yang semakin padat. Pergerakan yang efisien dibutuhkan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya dalam perjalanan menuju kampus. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bahwa (1) Harga tidak berpengaruh terhadap purchase intention kendaraan listrik roda dua di Universitas Brawijaya (2) Kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap purchase intention kendaraan listrik roda dua di Universitas Brawijaya; (3) Attitude secara parsial berpengaruh terhadap purchase intention kendaraan listrik roda dua di Universitas Brawijaya (4) Harga, kualitas Produk dan attitude secara simultan berpengaruh terhadap purchase intention kendaraan listrik roda dua di Universitas Brawijaya. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan eksplanatori (explanatory research) dimaksudkan untuk menjelaskan suatu generalisasi sampel terhadap populasinya atau menjelaskan hubungan, perbedaan atau pengaruh satu variabel dengan yang lainnya. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 170 Mahasiswa Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS 4 dengan analisis evaluasi outer model, evaluasi inner model, dan model fit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh atau pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap purchase Intention, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, , Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dan harga kualitas produk, dan attitude secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.

English Abstract

In recent years, the need for transportation in Indonesia has continued to increase. This development will automatically increase air pollution from the disposal of petrol fuel. Electric vehicles (EVs) are emerging as an environmentally friendly innovation. In this context, electric motorbikes and bicycles are two forms of transportation that are increasingly gaining attention because of their more efficient and sustainable mobility, especially in the increasingly dense environment of Malang City. Efficient movement is needed by Brawijaya University students on their way to campus. The results of this research are to find out and explain that (1) Price has no effect on purchase intention of two-wheeled electric vehicles at Brawijaya University (2) Product Quality partially influences the Purchase Intention of two-wheeled electric vehicles at Brawijaya University (3) Attitude partially influences the Purchase Intention of two-wheeled electric vehicles at Brawijaya University. (4) Price, Product Quality and Attitude simultaneously influence the Purchase Intention of two-wheeled electric vehicles at Brawijaya University. The approach used by researchers is an explanatory research approach which is intended to explain a generalization of the sample to the population or explain the relationship, difference or influence of one variable on another. The technique used in sampling was purposive sampling with a total of 170 Brawijaya University students. This research uses SmartPLS 4 software with analysis of outer model evaluation, inner model evaluation, and model fit. The results of the research show that product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, price has no effect or a negative and insignificant effect on purchase intention, product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, attitude has a positive and significant effect on purchase intention and product quality price, and Attitude simultaneously have a positive and significant effect on Purchase intention

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030318
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Attitude, Purchase Intention
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Aug 2024 05:51
Last Modified: 30 Aug 2024 05:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223957
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aditya Afif.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item