Oktashania, Adinda Izzah and Dr. Drs. Mochammad Rozikin, M.AP and Oscar Radyan Danar, S.AP., M.AP., Ph.D (2024) Manajemen Kurikulum Dalam Menunjang Mutu Pendidikan (Studi Pada SD Islam Mohammad Hatta Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Komponen penting dan sentral dari tujuan pembangunan negara Republik Indonesia yaitu melalui pendidikan. Aspek keberhasilan pendidikan dapat dilihat melalui kurikulum yang menjadi pedoman dan acuan. Apabila kurikulum ingin berjalan dengan efektif, maka harus ada pengelolaan melalui manajemen kurikulum yang sistematis. Serta adanya kolaborasi antara tenaga kependidikan dengan Kepala Sekolah yang kredibilitas dan terpercaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kurikulum dalam menunjang mutu pendidikan di SD Islam Mohammad Hatta Malang. Serta mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya. Kontribusi dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pembaca mengenai manajemen kurikulum pada lembaga pendidikan Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitiannya adalah manajemen kurikulum menggunakan teori dari Rusman (2011) yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Lokasi penelitiannya di Kota Malang dan situsnya di SD Islam Mohammad Hatta Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan fokus adalah 1) Perencanaan yaitu sebagai acuan atau pedoman guru dalam menjalankan pembelajaran dan kegiatankegiatan yang ada di sekolah. 2) Pengorganisasian yaitu dilakukan antara akhir tahun ajaran baru dan awal tahun ajaran baru, pada bulan Juni sampai Juli. 3) Pelaksanaan yaitu kurikulum telah berjalan sesuai dengan aturan serta berpedoman pada visi misi sekolah. Dinaungi dibawah pengawasan dan tanggung jawab Kepala Sekolah dengan dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Program Pengajaran. 4) Evaluasi yaitu dilakukan setiap akhir semester serta dilakukan supervisi pembelajaran. Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan yang diberikan oleh semua pihak berkomitmen tinggi serta sarana dan prasarana yang memadai dapat membantu terlaksananya manajemen kurikulum secara efektif. Faktor penghambatnya adalah perubahan kurikulum, pemberdayaan peningkatan kompetensi guru dengan menyiapkan SDM nya. Serta materi pembelajaran yang belum tuntas akan mempengaruhi rencana pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya.
English Abstract
Based on Law Number 20 of 2003 concerning the National Education System. An important and central component in the development goals of the Republic of Indonesia is through education. Aspects of educational success can be seen through the curriculum which becomes a guide and reference. If the curriculum is to run effectively then there must be management through systematic curriculum management. As well as collaboration between educational staff and school principals who are credible and trustworthy. The aim of this research is to describe and analyze synchronization management in supporting the quality of education at Mohammad Hatta Islamic Elementary School, Malang. As well as knowing the supporting and inhibiting factors. The contribution of this research is to provide knowledge and insight for readers regarding the management curriculum in educational institutions The research method used is descriptive research with a qualitative approach. The focus of the research is curriculum management using theories from Rusman (2011), namely planning, organizing, implementing and evaluating. The research location is in Malang City and the location is at SD Islam Mohammad Hatta Malang. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. According to the focus of this research, the results are 1) Planning, namely as a reference or guideline for teachers in carrying out learning and activities at school. 2) Organizing is carried out between the end of the new school year and the beginning of the new school year, namely from June to July. 3) Implementation, namely the curriculum has run according to the rules and is guided by the school's vision and mission. Under the supervision and responsibility of the Principal, assisted by the Deputy Principal for Curriculum and Teaching Programs. 4) Evaluations are carried out at the end of each semester and learning supervision is carried out. The supporting factors are the support provided by all parties who are highly committed as well as adequate facilities and infrastructure so that they can help implement the management curriculum effectively. The inhibiting factors are changes in criteria, empowerment to increase teacher competence by preparing human resources. And unfinished learning material will affect the learning plans that have been made previously.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030317 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum, Mutu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 05:51 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 05:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223950 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adinda Izzah Oktashania.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |