Utomo, Hendro Priyo Tri and Prof. Dr. Ir Abdul Wahib Muhaimin, MS. and Dr. Riyanti Isaskar, SP., M.Si. (2024) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Sikap, Minat, dan Keputusan Pembelian Buah Jambu Biji Varietas Kristal (Psidium Guajava L.) di Kabupaten Bojonegoro. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Buah merupakan hasil produk pertanian yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia serta popular sebagai asupan seharihari masyarakat. Pemerintah telah mengatur hal ini dalam Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Perbaikan Nutrisi yang mana di dalam aturan tersebut menyatakan bahwa konsumsi buah-buahan sangat anjurkan untuk mengatasi masalah nutrisi khususnya pada anak usia dini yang berguna untuk perkembangan otak dan fisiknya secara langsung. Namun konsumsi buah masyarakat Indonesia bisa dikatakan berada di bawah asupan buah yang dianjurkan. Sementara itu, menurut data BPS Provinsi Jawa Timur (2023) total produksi Jambu Biji di Kabupaten Bojonegoro per tahun 2021 sebanyak 187.205 kuintal. Jumlah ini meningkat sebesar 73,37% dari tahun 2020 yang total produksinya sebanyak 107.979 kuintal. Jumlah produksi di Kabupaten Bojonegoro sendiri sudah terbilang cukup besar dan dapat memenuhi jumlah permintaan konsumen di pasar. Terdapat lima atribut produk yang dinilai sangat penting oleh konsumen yaitu harga, tampilan produk, kesegaran, rasa, dan kualitas buah jambu kristal. Atribut produk dinilai sangat berpengaruh penting dalam keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. Konsumen adalah pusat pembuat keputusan, para pesaing tidak kenal lelah dalam memuaskan konsumen dan mencari keunikan untuk membedakannya dari pesaing mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana minat dan sikap konsumen terhadap beberapa atribut buah jambu kristal di Kabupaten Bojonegoro. Sikap konsumen nantinya akan terbentuk menjadi persepsi dan akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, sehingga persepsi konsumen sangat berkaitan dengan keputusan dalam memilih dan mengkonsumsi buah jambu kristal. Memahami bagaimana minat konsumen sehingga terbentuk preferensi didalam dirinya sangat dibutuhkan untuk informasi pasar yang penting. Dengan terbentuknya informasi tersebut maka dapat diketahui bagaimana sebenarnya hal-hal yang diinginkan oleh calon konsumen yang diwujudkan dengan atribut buah jambu seperti apa yang dapat membuat konsumen merasa puas. Untuk meningkatkan penjualan, produsen buah jambu kristal perlu memahami atribut produk yang disukai oleh konsumen. Dengan mengetahui atribut produk yang dinilai baik oleh konsumen, produsen buah jambu kristal dapat mengembangkan dan menambahkan fitur produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Dengan demikian, jumlah konsumen yang membeli buah jambu kristal dapat meningkat. Tujuan penelitian diantaranya yaitu (1) Menganalisis pengaruh atribut produk buah jambu kristal terhadap sikap konsumen; (2) Menganalisis pengaruh atribut produk buah jambu kristal terhadap minat konsumen; dan (3) Menganalisis pengaruh atribut produk buah jambu kristal terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian dilaksanakan selama bulan Januari 2024 sampai dengan Maret 2024. Lokasi penelitian dipilih dengan cara purposive berdasarkan pertimbangan
English Abstract
tertentu. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan teknik nonprobability sampling dan terpilihlah 117 sampel sebagai responden dalam penelitian ini. Cara yang digunakan dalam menyebar kuisioner adalah dengan langsung memberikan lembaran kuisioner kepada konsumen. Kuisioner yang digunakan bersifat tertutup yang mencakup indikator serta variabel yang telah ditentukan. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS dengan bantuan software WarpPLS.8.0. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa atribut produk, sikap konsumen, dan minat konsumen berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap keputusan pembelian jambu kristal di Kabupaten Bojonegoro. Atribut produk juga mempengaruhi keputusan pembelian jambu kristal di Bojonegoro secara tidak langsung melalui mediasi sikap dan minat konsumen dengan nilai positif dan signifikan. Atribut produk menjadi variabel yang memiliki pengaruh terkuat dengan nilai koefisien 0,48 terhadap Keputusan pembelian. Hubungan langsung minat konsumen terhadap keputusan pembelian memiliki pengaruh terendah dengan nilai koefisien 0,15 dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini, konsumen sangat memperhatikan atribut produk sebelum mengambil Keputusan pembelian. Penelitian ini menunjukkan bahwa atribut jambu Kristal yang paling diperhatikan oleh konsumen adalah kesegaran produk. Sehingga dalam hal ini, saran bagi penjual jambu kristal di Kabupaten Bojonegoro perlu untuk menjaga kesegaran produk yang dipasarkan. Indikator minat prefensial merupakan indikator yang memiliki nilai paling rendah pada variabel minat konsumen. Artinya bahwa, jambu kristal bukanlah satu-satunya pilihan buah yang dipilih konsumen ketika akan mengkonsumsi buah. Maka, peneliti menyarankan apabila ingin meningkatkan penjualan perlu memperhatikan kualitas kesegaran produk yang akan dipasarkan.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042404 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen, Jambu Kristal, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Studi Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:13 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223823 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
HENDRO PRIYO TRI UTOMO.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |