Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Perspesi Perawat Tentang Keselamatan Pasien Di Puskesmas Kabupaten Malang

Nkeiruka, Mercy and Dr. Kuswantoro Rusca Putra, S.Kp., M.Kep and Ns.Evi Harwiati Ningrum, S.Kep.,MHSM (2024) Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Perspesi Perawat Tentang Keselamatan Pasien Di Puskesmas Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan mutu layanan rumah sakit memerlukan peran perawat dalam meningkatkan kualitas keselamatan pasien di layanan kesehatan. Kualitas keselamatan pasien di suatu layanan kesehatan dapat dilihat dari perilaku perawat dalam penerapan budaya keselamatan pasien. Perilaku perawat dapat dipengaruhi oleh kesejahteraan perawat pada lingkungan kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan persepsi perawat tentang keselamatan pasien. Metode penelitian ini menggunakan cross-sectional yang melibatkan 261 responden perawat di Puskesmas Kabupaten Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner Job Satisfaction Survey dan Safety Attitude Questionner yang telah teruji valid dan reliabel. Hasil penelitian pada kepuasan kerja perawat di Puskesmas Kabupaten Malang menunjukan sebagian besar perawat memiliki kepuasan yang cukup (4,11+0,57), pada persepsi perawat tentang keselamatan pasien menunjukan sebagian besar perawat memiliki persepsi yang cukup baik (73,07+16,03). Hasil uji statistik dengan spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan mengenai persepsi perawat tentang keselamatan pasien dengan nilai 0.000 (p<0,05). Tingkat kepuasan kerja perawat perlu ditingkatkan agar persepsi perawat tentang keselamatan pasien dapat mencapai hasil yang baik.

English Abstract

Improving the quality of hospital services requires the role of nurses in improving the quality of patient safety in health services. The quality of patient safety in a health service can be seen from the behavior of nurses in implementing a patient safety culture. Nurse behavior can be influenced by the welfare of nurses in their work environment. This study aims to determine the relationship between job satisfaction and nurses’ perceptions of patient safety. This research method used cross-sectional involving 261 nurse respondents at the Malang Regency Health Center. The research instruments used were the Job Satisfaction Survey and Safety Attitude Questionnair which have been tested valid and reliable. The results of the study on job satisfaction of nurses at the Malang Regency Health Center showed that most nurses had sufficient satisfaction (4.11+0.57), on nurses' perceptions of patient safety showed that most nurses had a fairly good perceptions (73.07+16, 03). Statistical tests results with Spearman showed there was a significant relationship regarding nurses' perceptions of patient safety with a value of 0.000 (p<0.05). The level of job satisfaction of nurses needs to be improved so that nurses' perceptions of patient safety can achieve good results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052416
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Persepsi Perawat Tentang Kepuasan Pasien, Budaya Keselamatan Pasien, Puskesmas-Job Satisfaction, Nurses' Perception of Patient Satisfaction, Patient Safety Culture, Public Health Center
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:06
Last Modified: 13 Aug 2024 06:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223787
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mercy Nkeiruka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item