Ahnaf, Amanda Zustika and Dr. Dwi Retno Andirani, SP., MP. and Alia Fibrianingtyas, SP., MP. (2024) Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Akun instagram @bhumee_organik merupakan salah satu akun yang memanfaatkan sosial media instagram sebagai media promosi. Produk yang ditawarkan oleh akun instagram @bhumee_organic adalah sayur bersertifikat organik. Adanya konsep pemasaran online berbasis internet ini membuat para pelaku usaha dapat menjangkau target pasar yang lebih luas hingga keseluruh dunia dengan cepat (Nurani, 2019). Pada kondisi lapang dilihat dari aktivitas akun instagram @bhumee_organic yang rutin mengunggah promosi produk di aplikasi instagram. Permasalahan yang terjadi adalah kurang optimalnya branding yang dilakukan melalui promosi media online, sehingga tidak memberikan efek pada jangkauan target pasar yang semakin meluas. Adanya permasalah tersebut berkaitan dengan respons konsumen terhadap unggahan promosi akun instagram @bhumee_organic. Respons konsumen akan berkaitan dengan keputusan pembelian. Terdapat teori kognitif yang mengasumsikan bahwa proses menerima informasi melalui evaluasi informasi yang dan sikap yang dimiliki sebelumnya akan mengarah pada perubahan sikap, setelah itu akan mengarah pad sebuah keterampilan motorik atau sebuah pengambilan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi melalui penggunaan konsep AIDA yang diterapkan oleh akun instagram @bhumee_organic terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam jangka waktu 3 bulan yakni bulan Februari 2024 hingga bulan Mei 2024. Pengambilan sampel dilakukan teknik river sampling dengan kriteria responden tersebut penah melihat promosi akun instagram yang diunggah oleh akun instagram @bhumee_organic dan pernah melakukan setidaknya 1 kali pembelian produk, didapatkan 110 responden. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis pada penelitian ini yakni analisis deskriptif untuk mendeskripsikan strategi promosi, niat beli dan keputusan pembelian pada akun instagram @bhumee_organic dan analisis statistik untuk menganalisis pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian melalui medasi niat beli, yang dianalisis menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software WarpPls 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sub variabel attention, desire dan action termasuk dalam kategori sedang dengan masing-masing rata-rata skor variabel yaitu senilai 2,65, 2,63 dan 2,64 sedangkan sub variabel interest termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata skor variabel yaitu 2,58. Hasil dari analisis statistik didapatkan bahwa strategi promosi pada akun instagram @bhumee_organic berpengaruh terhadap niat beli konsumen dengan patch coefficients 0,611 dan p value <0,001 yang berarti signifikan. Apabila terjadi kenaikan dalam strategi promosi maka akan berpengaruh pada kenaikan niat beli konsumen. Pada hipotesis ke dua didapatkan hasil variabel niat beli berpengaruh signifikan terhadp keputusan pembelian konsumen dengan patch coefficients 0,425 dan p value <0,001. Apabila terjadi kenaikan dalam niat beli konsumen akan terjadi kenaikan pada keputusan pembelian konsumen. Hasil dari hipotesis tiga menyatakan bahwa strategi promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan patch coefficients 0,260 dan p value <0,001. Apabila terjadi kenaikan pada strategi promosi maka akan terjadi kenaikan pula pada keputusan pembelian konsumen.
English Abstract
The Instagram account @bhumee_organik is one of the accounts that uses Instagram social media as a promotional medium. The products offered by the Instagram account @bhumee_organic are certified organic vegetables. The existence of this internet-based online marketing concept allows business actors to reach a wider target market throughout the world quickly (Nurani, 2019). In field conditions, it can be seen from the activity of the Instagram account @bhumee_organic which regularly uploads product promotions on the Instagram application. The problem that occurs is the lack of optimal branding carried out through online media promotion, so that it does not have an effect on the increasingly widening target market reach. This problem is related to consumer responses to promotional uploads on the Instagram account @bhumee_organic. Consumer responses will be related to purchasing decisions. There is a cognitive theory which assumes that the process of receiving information through evaluating previously held information and attitudes will lead to a change in attitude, after which it will lead to a motor skill or taking action. This research aims to determine promotional strategies through the use of the AIDA concept applied by the Instagram account @bhumee_organic to consumer purchasing decisions. This research uses a quantitative approach supported by qualitative data. This research was carried out over a period of 3 months, namely February 2024 to May 2024. The sampling technique was carried out using a river sampling technique with the criteria that the respondent had seen promotional Instagram accounts uploaded by the Instagram account @bhumee_organic and had made at least 1 product purchase, obtained 110 respondents. This research uses primary data and secondary data. The analytical method in this research is descriptive analysis to describe promotional strategies, purchase intentions and purchasing decisions on the Instagram account @bhumee_organic and statistical analysis to analyze the influence of promotional strategies on purchasing decisions through purchase intention mediation, which is analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Model (SEM -PLS) with WarpPls 7.0 software. The results of this research show that the sub variables attention, desire and action are included in the medium category with an average score of 2.65, 2.63 and 2.64 for each variable, while the sub variable interest is included in the low category with an average the variable score is 2.58. The results of the statistical analysis showed that the promotional strategy on the @bhumee_organic Instagram account had an effect on consumer purchase intentions with patch coefficients of 0.611 and p value <0.001, which means it was significant. If there is an increase in promotional strategies, it will have an effect on increasing consumer purchasing intentions. In the second hypothesis, the results show that the purchase intention variable has a significant effect on consumer purchasing decisions with patch coefficients of 0.425 and p value <0.001. If there is an increase in consumer purchasing intentions, there will be an increase in consumer purchasing decisions. The results of hypothesis three state that promotional strategies have a significant effect on purchasing decisions with patch coefficients of 0.260 and p value <0.001. If there is an increase in promotional strategies, there will also be an increase in consumer purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052404 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:38 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223773 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amanda Zustika Ahnaf.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |