Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Kedai Beli Kopi Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro).

Gunawan, Aidin Wahyu and Prof. Dr. Ir. A. Wahib Muhaimin, MS. and Dr. Ir. Riyanti Isaskar, SP., M.Si. Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Kedai Beli Kopi Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis yang saat ini ramai di gemari oleh para pelaku bisnis adalah bisnis kedai kopi, sehingga persaingan yang terjadi dalam bidang bisnis kedai kopi ini semakin ketat. Hal ini ditandai dengan banyaknya usaha-usaha baru maupun yang sudah sejak lama yang hadir dengan keunggulan dan kelebihan masing-masing. Meningkatnya pendirian kedai kopi di berbagai tempat mencerminkan hasil dari permintaan dan kebutuhan pasar yang memang juga semakin meningkat. Pada saat ini kopi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, akibatnya keberadaan kedai kopi saat ini sudah menjadi kebutuhan. Bisnis kedai kopi menjadi usaha yang menjanjikan, bentuk kedai kopi modern sangat beragam, dari kedai kopi yang terkesan eksklusif hingga kedai kopi yang standar. Kedai-kedai tersebut memiliki spesifikasi dalam menjual produknya. Saat ini, usaha kedai kopi muncul menjadi usaha yang memiliki konsep pelayanan, konsep produk dan harga sesuai daya saing. Suasana disetiap kedai kopi yang memiliki ciri khas berbeda-beda sehingga hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi para konsumen. Tidak dapat dipungkiri, bahwa setiap bisnis pasti akan ada pasang surutnya penjualan seperti yang terjadi di Beli Kopi Desa Baureno. Pelaku usaha kedai kopi perlu memperhatikan beberapa aspek agar konsumen yang berkunjung puas dan melakukan pembelian ulang. kepuasan konsumen didefinisikan sebagai evaluasi pasca konsumsi bahwa suatu alternatif yang dipilih setidaknya memenuhi atau melebihi harapan konsumen. Kepuasan konsumen tersebut dapat di wujudkan dengan menggunakan kualitas pelayanan, kualitas produk dan memberikan harga yang terjangkau oleh konsumen guna untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di kedai Beli Kopi di Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. (2) Menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen di kedai Beli Kopi di Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. (3) Menentukan strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan loyalitas konsumen di kedai kedai Beli Kopi di Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini ditetapkan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling yaitu accidental sampling dengan jumlah total responden penelitian ini adalah 50 orang. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software SmartPLS4 yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen di kedai Beli Kopi Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga pada penelitian ini memiliki pengaruh (koefisien jalur) terhadap kepuasan konsumen masing-masing sebesar 0.109, 0.608, dan 0,298 dengan nilai p-value sebesar <0.001 yang berarti masing-masing variabel mempunyai pengaruh sebesar 10,9%, 60,8% dan 29,8% terhadap kepuasan konsumen di Beli Kopi Desa Baureno dan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan Konsumen memiliki pengaruh (koefisien jalur) terhadap Loyalitas Konsumen sebesar 0.849 dengan nilai p-value sebesar <0.001. Nilai koefisien jalur dan tingkat signifikasi dari analisis tersebut menejelaskan bahwa kepuasan konsumen mempunyai pengaruh sebesar 84,9% terhadap loyalitas konsumen di Beli Kopi Desa Baureno. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Strategi dalam upaya meningkatkan loyalitas konsumen dengan optimal memberikan pelayanan secara responsiveness, manawarkan produk yang berkualitas serta memberikan banyak promo harga disetiap momen tertentu guna meningkatkan loyalitas konsumen di kedai Beli Kopi Desa Baureno. Diharapkan kedepannya pada penelitian serupa dapat menambahkan beberapa variabel yang lebih kompleks untuk menguji variabel lain yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen untuk meningkatkan loyalitas konsumen.

English Abstract

The business that is currently favored by business people is the coffee shop business, so the competition that occurs in the coffee shop business field is getting tighter. This is characterized by the number of new and old businesses that come with their respective advantages and advantages. The increasing establishment of coffee shops in various places reflects the results of increasing market demand and needs. At this time coffee has become an inseparable part of people's lives, as a result the existence of coffee shops has now become a necessity. The coffee shop business is a promising business, the form of modern coffee shops is very diverse, from exclusive coffee shops to standard coffee shops. These shops have specifications in selling their products. Currently, the coffee shop business has emerged as a business that has a service concept, product concept and price according to competitiveness. The atmosphere in each coffee shop has different characteristics so that this becomes one of the attractions for consumers. It cannot be denied that every business will definitely have ups and downs in sales as happened at Beli Kopi Desa Baureno. Coffee shop business actors need to pay attention to several aspects so that visiting consumers are satisfied and make repeat purchases. consumer satisfaction is defined as a postconsumption evaluation that a chosen alternative at least meets or exceeds consumer expectations. Consumer satisfaction can be realized by using service quality, product quality and providing prices that are affordable to consumers in order to increase consumer loyalty. Therefore, the objectives of this study are to (1) Analyze the effect of service quality, product quality and price on customer satisfaction at the Beli Kopi shop Baureno Village, Baureno District, Bojonegoro Regency. (2) Analyze the effect of customer satisfaction on customer loyalty at the Beli Kopi shop in Baureno Village, Baureno District, Bojonegoro Regency. (3) Determine strategies that can be applied to increase customer loyalty at the Beli Kopi shop in Baureno Village, Baureno District, Bojonegoro Regency. This research was determined using a quantitative research approach. The sampling technique in this study used non probability sampling, namely accidental sampling with the total number of respondents in this study were 50 people. The data analysis method in this study uses SEM (Structural Equation Modeling) with SmartPLS4 software which is used to analyze the effect of service quality, product quality and price on customer satisfaction and loyalty at the Beli Kopi shop in Baureno Village, Baureno District, Bojonegoro Regency. The results of the analysis obtained show that the variables of Service Quality, Product Quality and Price in this study have an influence (path coefficient) on customer satisfaction of 0.109, 0.608, and 0.298 respectively with a p-value of <0.001, which means that each variable has an influence of 10.9%, 60.8% and 29.8% on customer satisfaction at Beli Kopi Desa Baureno and has a positive and significant effect on customer satisfaction. Consumer Satisfaction has an influence (path coefficient) on Consumer Loyalty of 0.849 with a p-value of <0.001. The path coefficient value and significance level of the analysis explain that customer satisfaction has an influence of 84.9% on consumer loyalty at Buy Coffee Baureno Village. This shows that customer satisfaction has a positive and significant influence on customer loyalty. Strategies in an effort to increase consumer loyalty by optimally providing responsiveness services, offering quality products and providing many price promos at every particular moment in order to increase consumer loyalty at the Baureno Village Buy Coffee shop. It is hoped that in the future similar research can add several more complex variables to test other variables that can affect customer satisfaction to increase customer loyalty.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042404
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Studi Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:36
Last Modified: 23 Aug 2024 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223758
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aidin Wahyu Gunawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Actions (login required)

View Item View Item