Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Efikasi Diri Dan Kompetensi Triase Emergency Severity Index Pada Mahasiswa Diploma III Keperawatan ITSK RS dr. Soepraoen Malang

Mulyanto, Atim and Dr. Ahsan, S.Kp.,M.Kes and Ns. Suryanto, S.Kep.,M.Nurs., Ph.D (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Efikasi Diri Dan Kompetensi Triase Emergency Severity Index Pada Mahasiswa Diploma III Keperawatan ITSK RS dr. Soepraoen Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Efikasi diri dan kompetensi triase Emergency Severity Index (ESI) mahasiswa keperawatan saat ini masih belum optimal. Media audiovisual adalah instrumen yang sangat efektif dalam meningkatkan pikiran dan perhatian, serta mempermudah pemahaman mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap efikasi diri dan kompetensi triase ESI pada mahasiswa Diploma III Keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain studi quasi-experiment dengan kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Total responden ialah 46 mahasiswa yang terdiri dari 22 responden kelompok intervensi dan 24 responden kelompok kontrol yang ditentukan dengan purposive sampling. Responden pada kelompok kontrol diberikan pembelajaran triase dengan media powerpoint, sedangkan kelompok intervensi dengan media audiovisual. Analisa statistic menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank dan uji Kruskal-Wallis. Dalam penelitian didapatkan perbedaan yang signifikan pada efikasi diri responden sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada kedua kelompok, namun pada variabel kompetensi triase hanya kelompok intervensi yang menggambarkan adanya perbedaan yang signifikan dengan nilai p-value < 0,05. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran triase ESI dengan media audiovisual memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan efikasi diri (p-value < 0,05), namun tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi triase mahasiswa (p-value > 0,05). Hal ini terjadi karena dalam media audiovisual, tampilan keadaan pasien lebih nyata, sehingga responden lebih percaya diri dalam melakukan triase ESI. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan memanfaatkan media audiovisual dapat mengoptimalkan proses pembelajaran triase ESI, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran triase.

English Abstract

The self-efficacy and Emergency Severity Index (ESI) triage competence of nursing students are currently not optimal. Audiovisual media is a highly effective instrument in enhancing students' cognition and attention, as well as facilitating their understanding. The aim of this research is to determine the influence of audiovisual learning media on self-efficacy and ESI triage competence in Diploma III Nursing students. This study employs a quasi-experimental design using intervention and control groups. The total respondents are 46 students, consisting of 22 respondents in the intervention group and 24 respondents in the control group determined through purposive sampling. The control group received triage learning with PowerPoint media, while the intervention group received it with audiovisual media. Statistical analysis using the Wilcoxon Signed-Rank test and the KruskalWallis test. The research found a significant difference in respondents' self-efficacy before and after the intervention in both groups. However, regarding the triage competence variable, only the intervention group showed a significant difference with a p-value < 0.05. This study indicates that ESI triage learning with audiovisual media significantly influences improving self-efficacy (p-value < 0.05), but it does not significantly impact enhancing students' triage competence (p-value > 0.05). This happens because in audiovisual media, the appearance of the patient's condition is more real, so that respondents are more confident in triaging ESI. The recommendation from this research is that learning utilizing audiovisual media can optimize the ESI triage learning process, providing an alternative approach to triage education.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042416
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Kompetensi, Triase ESI, Media Audiovisual, Mahasiswa Keperawatan-Self-Efficacy, Competence, ESI Triage, Audiovisual Media, Nursing Students
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:24
Last Modified: 12 Aug 2024 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223727
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
atim mulyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item