Rancang Bangun Modul Arduino Uno Menggunakan Miktokontroler Atmega328p Untuk Aplikasi Remote Laboratory

Apriansyah, Muhammad Rafly and Drs. Hari Arief Dharmawan, M.Eng., Ph.D. and Dewi Anggraeni, S.Si, M.si. (2024) Rancang Bangun Modul Arduino Uno Menggunakan Miktokontroler Atmega328p Untuk Aplikasi Remote Laboratory. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dari masa ke masa sehingga berdampak pada beberapa bidang, salah satunya yang terkena dampak adalah bidang pendidikan. Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan sangat pesat sehingga mencipatkan sebuah invoasi yaitu Remote Laboratory. Remote Laboratory didefinisikan sebagai suatau tempat yang digunakan untuk melakukan suatu eksperimen ataupun praktikum yang dilakukan dan dikendalikan dari jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah merancang modul mikrokontroler berbasis ATmega328P untuk menjalankan berbagai perangkat dalam Remote Laboratory. Mikrokontroller ATmega328P dipilih karena memiliki kemampuan yang andal dan memiliki kinerja yang stabil. Penelitian ini melibatkan pengujian komunikasi serial, pengujian dalam pengontrolan LED, dan pengujian untuk mengendalikan motor DC. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dirancang telah berhasil mengimplementasikan mikrokontroller Arduino Uno berbasis ATmega328P pada Remote Laboratory untuk melakukan komunikasi serial antara modul dengan komputer dan perangkat eksternal pada remlab, menghidupkan lima buah LED secara bergantian dan menghidupkan dan mengendalikan kecepatan pada motor DC.

English Abstract

The development of technology has advanced rapidly over time, impacting various fields, including education. The technological advancements in education have been so significant that they have led to the creation of an innovation known as the Remote Laboratory. A Remote Laboratory is defined as a place used for conducting experiments or practical work that is performed and controlled remotely. The purpose of this research is to design an ATmega328P microcontroller-based module to operate various devices in a Remote Laboratory. The ATmega328P microcontroller was chosen due to its reliable capabilities and stable performance. This research involves testing serial communication, controlling LEDs, and controlling a DC motor. The results of the research show that the designed module successfully implements the ATmega328P-based Arduino Uno microcontroller in the Remote Laboratory to facilitate serial communication between the module and external devices, control five LEDs alternately, and control the speed of a DC motor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052409
Uncontrolled Keywords: ATmega328P, PCB, remote laboratory, aplikasi remote laboratory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Instrumentasi Fisika
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:17
Last Modified: 22 Aug 2024 04:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223677
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Rafly Apriansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item