Mukminin, Helmy Putra and Eka Ratri Noor W, S.Si, M.Si, M.Sc (2024) Perancangan Desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi Mobile Presensi pada Perusahaan Chickin Indonesia dengan Metode Design Thinking. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kegiatan presensi dilakukan untuk mencatat kehadiran para karyawan Chickin Indonesia, pada proses presensi karyawan diharuskan untuk melakukan clock in pada aplikasi talenta, setelah itu karyawan diharuskan untuk mengisi perencanaan kegiatan pada confluence aktifitas yang akan dilakukan pada hari tersebut. Aktivitas presensi dan perencanaan kegiatan dilakukan setiap hari pada hari kerja dan dilakukan pada pagi hari sebelum melakukan daily stand up meeting sebagai laporan kegiatan yang dilakukan kemarin hari dan hari tersebut. Permasalahan ditemukan pada saat karyawan harus melakukan presensi dan merencanakan kegiatan pada 2 (dua) aplikasi yang berbeda, hal ini membuat kehadiran karyawan untuk daily stand up meeting menjadi terlambat. Tujuan membuat perancangan desain user interface dan user experience aplikasi mobile presensi pada perusahaan Chickin Indonesia, untuk memudahkan para karyawan Chickin Indonesia melakukan presensi, membuat perencanaan kerja, dan mengetahui progress pekerjaan pada karyawan. Hal ini berdasarkan permasalahan yang dialami oleh karyawan Chickin Indonesia, yang nantinya aplikasi akan memberi fitur untuk melakukan presensi dan perencanaan kegiatan secara bersamaan. Memudahkan pengguna untuk menjalankan 2 (dua) aktivitas secara efisien. Pada perancangan desain, penulis menggunakan metode design thinking yang meliputi tahapan emphatize, define, ideate, prototype dan testing
English Abstract
Attendance activities are carried out to record the attendance of Chickin Indonesia employees. In the attendance process, employees are required to clock in using the Talenta application. After that, employees must fill out activity planning on Confluence for the activities they will carry out that day. Attendance and activity planning are done every weekday morning before the daily stand-up meeting as a report on activities carried out the previous day and that day. Problems arise when employees have to take attendance and plan activities using two different applications, causing delays in their attendance for the daily stand-up meeting. The purpose of designing the user interface and user experience of the mobile attendance application at Chickin Indonesia is to make it easier for employees to take attendance, make work plans, and track their work progress. This is based on the problems experienced by Chickin Indonesia employees. The application will provide features for taking attendance and planning activities simultaneously, making it easy for users to carry out both activities efficiently. In designing the application, the author uses the design thinking method, which includes the stages of empathize, define, ideate, prototype, and testing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | User Interface, User Experience, Desain UI/UX, Aplikasi Presensi, Aplikasi Mobile, Design Thinking-User Interface, User Experience, Design UI/UX, Attendance apps, Mobile Aplication, Design Thinking. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:35 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223668 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Helmy Putra Mukminin.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |