Partial Least Square Structural Equation Modelling (Pls-Sem) Dalam Menentukan Faktor-Faktor Pendorong Bermain Game Online Pada Siswa Smp Di Kota Malang

Zahiida, Jehan Fudhla and Nur Silviyah Rahmi, S.Si., M.Stat. (2024) Partial Least Square Structural Equation Modelling (Pls-Sem) Dalam Menentukan Faktor-Faktor Pendorong Bermain Game Online Pada Siswa Smp Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi memberi dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu dampak teresebut adalah maraknya game online, yang juga berpengaruh pada siswa SMP. Berdasarkan hasil survei, didapatkan tingkat penetrasi internet remaja usia 13-18 tahun di Indonesia sebesar 99,18% dengan 14,23% menggunakan internet untuk bermain game online. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong siswa SMP di Kota Malang untuk bermain game online. Penelitian ini menggunakan metode pemodelan SEM (structural equation modelling) dengan pendekatan PLS (partial least square), yang menggabungkan aspek-aspek analisis regresi, analisis jalur, dan analisis faktor. PLS-SEM digunakan untuk mengembangkan teori dalam penelitian dengan menjelaskan varians dalam variabel dependen saat pengujian model. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasa Ingin Tahu, Pencapaian Game Online, Pengalaman Bermain, Distorsi Persepsi Waktu, dan Pelarian dari Kenyataan terhadap Kecenderungan Bermain Game Online siswa SMP di Kota Malang. Hasil analisis PLS-SEM menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Kecenderungan Bermain Game Online adalah Rasa Ingin Tahu, Distorsi Persepsi Waktu, dan Pelarian Diri Dari Kenyataan. Variabel Pengalaman Bermain berpengaruh signifikan terhadap Kecenderungan Bermain Game Online melalui variabel Distorsi Persepsi Waktu. Model yang dihasilkan dapat menjelaskan fenomena kecenderungan bermain game online pada siswa SMP/sederajat di Kota Malang sebesar 86,9%.

English Abstract

The advancement of technology affects a lot of aspects of our lives, one of these effects is the ever-growing trend of online gaming. One of the subjects affected by this phenomenon is Junior High School students, in which the percentage of internet penetration of teenagers aged 13-18 in Indonesia reaches 99,18% and the percentage of internet users who use internet for online gaming reaches 14,23%. Because of this, a study is conducted to determine the factors that motivate Junior High School students in Malang to play online games using the structural equation modelling with partial least squares approach. Structural equation modelling (SEM) is an analysis that combines aspects of regression analysis, path analysis, and factor analysis. One of the methods in SEM is PLS-SEM. PLS-SEM is a method in SEM that is used to develop theory in research by explaining the variance used in the dependent variable when testing the model. The application of SEM analysis with the PLS approach in this research was carried out to determine the influence of curiosity, online game achievement, playing experience, distortion of time perception, and escape from reality on junior high school students in Malang. Result shows that curiosity, distortion of time perception, and escape from reality are significant in contributing junior high school students in Malang on online gaming. Playing experience are significant through distortion of time perception. The model can explain the phenomenon of online gaming in junior high school students in Malang for 86,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052409
Uncontrolled Keywords: Game Online, PLS-SEM, Siswa SMP di Kota Malang
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:47
Last Modified: 20 Aug 2024 04:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223641
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jehan Fudhla Zahiida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item