Strategi Pemasaran Usaha Pada CV Molly Jaya Indonesia Kecamatan Badas Kabupaten Kediri

Simbolon, Sinta Uli and Dr. Candra Adi Intyas, S.Pi , MP. (2024) Strategi Pemasaran Usaha Pada CV Molly Jaya Indonesia Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan usaha budidaya ikan ditandai dengan semakin tingginya permintaan terhadap ikan di tengah-tengah masyarakat. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan ikan hias maupun di Kabupaten Kediri, pelaku usaha budidaya ikan memerlukan strategi pemasaran tepat untuk merebut hati konsumen dari para pesaing. Salah satu usaha yang bergerak di bidang usaha ikan hias ada CV Molly Jaya Indonesia. CV Molly Jaya Indonesia berlokasi di jalan lingkungan pandan kidul no.74 Dusun Surowono, Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. CV Molly Jaya Indonesia merupakan usaha penjualan dan budidaya pembesaran ikan hias. Adapun ikan hias yang ada di CV Molly Jaya Indonesia yaitu ikan cupang, danio, glofish, guppy,koi, koki, manfish, molly, platy dan discuss. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)menganalisis model bisnis (2) menganalisis strategi pemasaran (3) menganalisis kondisi lingkungan internal (4) menganalisis alternatif strategi pada pengembangan pemasaran CV Molly Jaya Indonesia. Jenis metode penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yakni mengenai sejarah berdirinya usaha CV Molly Jaya Indonesia, STP (Segmenting, Targeting,Positioning), bauran pemasaran (marketing mix), kekuatan dan kelemahan perusahaan. Kemudian data sekunder berupa web BPS, buku dan jurnal yang terkait dengan strategi pemasaran dan pengembangan usaha. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sampel jenuh. Metode yang digunakan pada penelitian pada CV Molly Jaya Indonesia adalah BMC (Bussiness Model Canvas), VRIO (Valueable, Rare, Inimitability, Organize), analisis PESTEL (Political, Economic, Social, Technological, Environment, Legal) dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities Threats). Kondisi internal dan eksternal pada PT. Agung Aquatic Marine, pada matriks IFE (Internal Factor Evaluation) menghasilkan total skor 3,28, menunjukkan bahwa mampu dalam memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan mampu mengatasi kelemahan yang ada. Pada matriks EFE (External Factor Evaluation) menghasilkan total skor 2,87, yang artinya mampu dalam memanfaatkan peluang yang dimiliki dan mampu mengatasi ancaman yang ada. Strategi pengembangan usaha pada didapatkan dari analisis SWOT yaitu strategi agresif pada kuadran 1 dari Matriks SWOT. CV Molly Jaya Indonesia sebaiknya meminimalkan biaya produksi dengan memilih bahan kebutuhan produksi yang lebih murah, merekrut karyawan lebih banyak agar kontrol kualitas ikan yang tidak dibudidayakan/ ikan yang berasal dari petani pembudidaya dapat dikontrol dengan baik kualitasnya, membuat spanduk nama perusahaan di depan toko/ lokasi budidaya agar masyarakat dapat dengan mudah menemukan lokasi budidaya dan perlunya pemerintah memberikan subsidi bagi pelaku usaha di sektor perikanan untuk mengatasi perusahaan yang memiliki biaya produksi yang tinggi dan pajak tinggi

English Abstract

The development of fish farming businesses is marked by the increasing demand for fish among the community. Along with the increasing demand for ornamental fish in Kediri Regency, fish farming businesses need the right marketing strategy to win the hearts of consumers from competitors. One of the businesses operating in the ornamental fish business is CV Molly Jaya Indonesia. CV Molly Jaya Indonesia is located on Pandan Kidul neighborhood street no. 74 Surowono Hamlet, Canggu Village, Badas District, Kediri Regency, East Java. CV Molly Jaya Indonesia is a sales and rearing business for ornamental fish. The ornamental fish at CV Molly Jaya Indonesia are betta fish, danio, glofish, guppy, koi, chef, manfish, molly, platy and discuss. The aims of this research are (1)analyzing business models (2) analyzing marketing strategies (3) analyzing internal environmental conditions (4) analyzing alternative strategies in marketing development of CV Molly Jaya Indonesia. The type of research method used is descriptive research. The type of data used is primary data, namely regarding the history of the founding of the CV Molly Jaya Indonesia business, STP (Segmenting, Targeting, Positioning), marketing mix, company strengths and weaknesses. Then secondary data in the form of the BPS website, books and journals related to marketing strategies and business development. The sampling technique uses the saturated sample method. The methods used in research at CV Molly Jaya Indonesia are BMC (Business Model Canvas), VRIO (Valueable, Rare, Inimitability, Organize), PESTEL analysis (Political, Economic, Social, Technological, Environment, Legal) and SWOT analysis (Strength, Weaknesses, Opportunities Threats). Internal and external conditions at PT. Agung Aquatic Marine, on the IFE (Internal Factor Evaluation) matrix, produced a total score of 3.28, indicating that it is able to utilize its strengths and overcome existing weaknesses. The EFE (External Factor Evaluation) matrix produces a total score of 2.87, which means being able to take advantage of the opportunities they have and being able to overcome existing threats. The business development strategy obtained from the SWOT analysis is an aggressive strategy in quadrant 1 of the SWOT Matrix. CV Molly Jaya Indonesia should minimize production costs by choosing cheaper production materials, recruiting more employees so that the quality of non-cultivated fish/fish originating from cultivating farmers can be well controlled, making company name banners in front of shops/locations cultivation so that people can easily find cultivation locations andneed for governmentprovide subsidies for business actors in the fisheries sector to overcome companies that have high production costs and high taxes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052408
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:32
Last Modified: 08 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223583
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sinta Uli Simbolon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item