Analisis Rantai Pasok Usaha Pengolahan Bandeng (Studi Kasus Sate Bandeng Ibu Amenah) di Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang

Umamah, Salma Aulia and Candra Adi Intyas, S.Pi.,MP (2024) Analisis Rantai Pasok Usaha Pengolahan Bandeng (Studi Kasus Sate Bandeng Ibu Amenah) di Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan agroindustri dengan memanfaatkan bahan baku yang berbasis produk olahan lokal dapat meningkatkan penganekaragaman pangan dan daya saing produk pada daerah sentra agroindustri. Komoditas ikan bandeng juga bersifat musiman, pada musim panen suplai ikan bandeng relatif berlimpah, namun ketika bukan musim panen suplai ikan bandeng terbatas, tentunya bahan baku yang tersedia untuk agroindustri sate bandeng relatif sedikit, sementara permintaan konsumen relatif tetap dan bahkan meningkat dan agroindustri tersebut tetap harus berproduksi untuk memenuhi permintaan pasar. Banyaknya persaingan usaha sate bandeng ini, menuntut suatu usaha industri olahan harus bisa bersaing dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen yang semakin meningkat. Terlepas dari situasi itu, konsumen selalu menginginkan produk dengan kuantitas baik dan harga yang terjangkau. Penelitian ini dilakukan di Sate Bandeng Ibu Amenah yang terletak di Jl. Sayabulu RT.02/RW.01, Dalung, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga April 2024. Rantai pasok usaha pengolahan bandeng di Sate Bandeng Ibu Amenah dapat dianalisis dengan menggunakan dua cara yaitu untuk mengidentifikasi dan menganalisis kondisi rantai pasok, dan menggambarkan Efisiensi rantai pasok olahan bandeng. Kondisi rantai pasok diidentifikasi dan dianalisis melalui Food Supply Chain Networking (FSCN). Analisis Food Supply Chain Networking (FSCN) terdapat beberapa hal yang dianalisis yaitu struktur rantai pasok usaha pengolahan bandeng yang terdiri dari sate bandeng, bandeng asap dan bandeng presto. Selanjutnya membahas mengenai manajemen rantai pasok, sumber rantai pasok, dan yang terakhir proses bisnis rantai pasok usaha pengolahan bandeng yang ada di Sate Bandeng Ibu Amenah. Penelitian yang dilakukan di Sate Bandeng Ibu Amenah menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian yang dapat memberikan deskripsi mengenai rantai pasok berbagai pengolahan bandeng di Sate Bandeng Ibu Amenah ketika melakukan penelitian secara langsung. Beberapa penjelasan yang akan di deskripsikan dalam penelitian rantai pasok usaha pengolahan bandeng ini antara lain, letak geografis lokasi penelitian, keadaan umum penduduk, keadaan umum perikanan laut, profil perusahaan Sate Bandeng Ibu Amenah, struktur rantai pasok, sumber rantai pasok, manajemen rantai pasok, serta proses bisnis rantai pasok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052408
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:32
Last Modified: 08 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223579
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salma Aulia Umamah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item