Insyira, Safa and Istiqomah Wulandari, S.Pd., M.Ed (2024) A Case Study Investigating Phonological Process in The Speech of an Indonesian-English Bilingual Child. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keragaman bahasa yang paling banyak di dunia dengan bahasa resmi dan ratusan bahasa daerah. Dengan adanya fenomena globalisasi dan bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan dunia, bilingualisme di Indonesia bergeser dari pemerolehan bahasa Indonesia dan bahasa daerah menjadi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang meluas di berbagai lingkungan komunikasi seperti media massa dan pendidikan telah menyebabkan preferensi di kalangan masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, untuk berkomunikasi dalam bahasa-bahasa tersebut dibandingkan dengan bahasa daerah orang tua mereka. Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris memiliki sistem fonologi yang berbeda yang mewakili ciri-ciri linguistik yang unik dari bahasa masing-masing. Memahami perbedaan ini penting bagi penutur kedua bahasa tersebut untuk pengucapan yang akurat dan komunikasi yang baik. Penelitian ini adalah studi kasus yang bertujuan untuk menelusuri proses fonologis dalam tuturan seorang anak bilingual yang menguasai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Metode yang dilakukan adalah dengan mendiskusikan proses fonologis yang terjadi dalam produksi ujaran anak tersebut dalam kedua bahasa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari seorang anak berusia lima tahun yang menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara bersamaan. Proses fonologis seperti substitusi, penghapusan, asimilasi, penyisipan, penghubung dan bunyi intrusi ditemukan dalam pemunculan bunyi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia oleh anak tersebut. Hasil penelitian ini memberikan bukti tentang pola universal dari proses fonologi pada anak-anak di berbagai bahasa dan budaya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh paparan dan interaksi dengan keluarga dan teman sebaya. Selain itu, temuan ini mendukung anggapan bahwa proses fonologis terkait dengan perkembangan kesadaran fonologis, yaitu kemampuan untuk memanipulasi dan menganalisis bunyi-bunyi bahasa. Kesimpulannya, penelitian ini memperkaya studi tentang anak-anak dwibahasa di Indonesia, terutama dalam studi tentang proses fonologis dan faktorfaktor yang mungkin mempengaruhinya.
English Abstract
Indonesia stands out as one of the most linguistically diverse nations in the world with its official language and hundreds of local languages. With the phenomena of globalization and English as the world’s lingua franca, bilingualism in Indonesia shifts from acquiring Bahasa Indonesia and their local language to Bahasa Indonesia and English. Several studies have indicated that the widespread use of Indonesian and English in various communication settings like mass media and education has led to a preference among Indonesian, particularly the younger generation, to converse in those specific languages rather than their parents’ local language. Both Indonesian and English have separate phonological systems that represent the unique linguistic traits of their respective languages. Understanding these distinctions is important for speakers of both languages for accurate pronunciation and good communication. This research is a case study that aims to trace the phonological process in the speech of a bilingual child acquiring Bahasa Indonesia and English. The method is carried out through discussing the phonological processes that occurred in the production of the child’s speech in both languages. The data in this research was collected from a five-year-old child acquiring Bahasa Indonesia and English simultaneously. Phonological processes such as substitution, elision, assimilation, insertion, linking and intrusive sounds were found in the child’s elicitation of English and Indonesian sounds. The result provides evidence for the universal patterns of phonological processes in children across different languages and cultures. The results also indicate that the child's language development was influenced by exposure to and interaction with family and peers. Furthermore, the findings support the notion that phonological processes are related to the development of phonological awareness, which is the ability to manipulate and analyze the sounds of language. In conclusion, the study enriches the study of bilingual children in Indonesia, especially in the study of phonological processes and the possible factors influencing it.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524120120 |
Uncontrolled Keywords: | proses fonologis, anak bilingual, bahasa Indonesia, bahasa Inggris- phonological process, bilingual child, Indonesian, English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 07:44 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 07:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223480 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Safa Insyira.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |