Pengaruh Motivasi Pembelajaran Kanji Dasar Siswa Kelas XII LM Jepang A SMAN 1 Batu Terhadap Keterlibatan Interaksi Sosial Dalam Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe “STAD” Dengan Media Random Cards

Sobha, Putri A’isyah and Wiranto Aji Dewandono, S.Pd., M.Pd. (2024) Pengaruh Motivasi Pembelajaran Kanji Dasar Siswa Kelas XII LM Jepang A SMAN 1 Batu Terhadap Keterlibatan Interaksi Sosial Dalam Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe “STAD” Dengan Media Random Cards. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi pembelajaran Kanji dasar terhadap keterlibatan interaksi sosial siswa kelas XII LM Jepang A SMAN 1 Batu dalam metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media Random Cards. Motivasi belajar dan interaksi sosial merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran yang efektif. Metode STAD dan penggunaan media Random Cards diharapkan dapat meningkatkan kedua aspek tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket yang diisi oleh siswa dan dianalisis menggunakan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan keterlibatan interaksi sosial. Lebih dari 50% siswa menyatakan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media Random Cards efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa metode STAD dan media Random Cards dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan mendukung, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Kanji dasar.

Other obstract

本研究の目的は、ランダムカードを用いた STAD 型協同学習法に おいて、基本的な漢字学習の動機づけが社会的相互作用の関与に及ぼす影 響を明らかにすることである。学習動機と社会的相互作用は、効果的な学 習プロセスにおいて重要な要素である。 STAD 方式とランダムカード媒 体の使用は、この 2 つの側面を改善することが期待される。本研究は記述 的量的アプローチを用いている。データは学生が記入したアンケートを通 じて収集し、 SPSS 20 for windows を用いて分析した。その結果、学生の 学習意欲と社会的相互作用の関与の間には、正の有意な関係があることが 示された。 50%以上の生徒が、 STAD 型協同学習法とランダムカードメ ディアは、生徒の学習意欲とエンゲージメントを高めるのに有効であると 回答した。この結果から、 STAD 型協同学習法とランダムカード型メデ ィアは、より双方向的で協力的な学習環境を作り出すことができ、その結 果、生徒の基本的な漢字学習に対する意欲と関心を高めることができるこ とが示唆された。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120115
Uncontrolled Keywords: Huruf Kanji, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Random Cards, Pengaruh
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:44
Last Modified: 05 Aug 2024 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223470
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri A'isyah Sobha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item